LINGKARMALANG – Salah satu kelebihan Kota Malang dalam sisi sejarah tak diragukan lagi. Dengan adanya kerajaan Singosari yang pernah berdiri di kota yang biasa disebut kota bunga ini seakan rampung menjadi penegasan bila dahulu kota ini pernah tersohor di penjuru nusantara. Salah satu peninggalan kerajaan singosari adalah Candi Sumberawan yang terletak di Desa Toyomarto, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang.

Keunikan candi ini yaitu satu-satunya candi di Jawa Timur yang berbentuk stupa. Stupa adalah bentuk candi yang lumrah di temukan di Jawa Tengah. Bentuk stupa dapat kita lihat pada candi yang didirikan oleh kerajaan untuk pemeluk umat Budha. Candi yang terletak di kaki Gunung Arjuna ini memiliki dimensi panjang 6,25 m, lebar 6,25 m dan tinggi 5,23 m. terkesan lebih kecil memang daripada candi yang ada di Malang lainnya. Namun disekeliling candi ini ada beberapa taman kecil yang siap memberikan kesan manis pada kunjungan wisata sejarah anda.

Selain memiliki fungsi untuk sesembahan candi yang pernah di kunjungi oleh Hayam Wuruk ini juga sering dijadikan untuk menyimpan barang pusaka. Sedikit sorotan dengan nama kerennya Sumberawan diambil dari adanya sumber yang ada di dekat candi ini. Sumber yang berasal dari Gunung Arjuna ini jelas memiliki ketinggian yang lebih daripada pusat kerajaan Singosari. Hal tersebut yang melatarbelakangi kata awan yang berarti langit disisipkan pada nama candi ini.

Akses menuju candi ini relatif mudah, karena  hanya berjarak sekitar 2-3 km dari jalan poros Surabaya-Malang. Namun anda diwajibkan jalan sehat untuk mengunjungi Candi Sumberawan ini, karena lokasi parkir yang berjarak 500 m dari lokasi candi. Hal tersebut tidak mengurangi keasyikan wisata sejarah anda, karena sembari berjalan kaki nawak-nawak lingkar malang suasana asri hutan yang masih alami di sepanjang jalur tracking yang dilalui.(Pungkas.P)