Buat anda yang bingung cari tempat liburan yang nyaman, sehat dan asyik di malang. Saya saranin kunjungin neh tempat, karena selain dapat menikmati hawa dinginnya kota batu di malang anda juga bisa berenang di air hangat yang mengalir secara alami dari pegunungan arjuna dan pastinya bagus juga juga untuk terapi kesehatan. Lokasinya terletak di desa tulung rejo, bumiaji, sumber brantas, kota batu, jawa timur.

Hari senin lalu saya kesana dengan kakak saya, perjalanan dari lawang menuju lokasi menggunakan motor mengambil waktu sekitar 1 jam. Mungkin udara masih tidak terasa dingin saat di karangploso tapi begitu memasuki kota batu langsung brrr brrr dinginnya mulai kerasa. Tidak terlalu susah untuk menemukan tempatnya karena jalannya hanya ngikutin jalan raya dan nanti di pinggir jalan kanan dan kiri akan ada tukang parkir yang menyambut dengan meniup peluitnya priitt prittt. Tempat parkirnya cukup bersih dan ada atapnya jadi ga perlu kawatir helm bakal basah kehujanan saat di parker. Ongkos parkirnya 3 ribu untuk roda dua.

Pas kita sampai di lokasi karena dari rumah kita plan cuma main2 sambil cari kopi aja jadi kita tidak bawah pakaian ganti untuk berenang tapi sesal kita akhirnya terlegakan karena di sebelum ticket masuk ada yang jualan pakaian untuk renang. Karena kita cowok jadi kita simple aja hanya perlu beli celana aja. Harganya 25 ribu per celana kita beli 2 jadi pas 50 ribu. Setelah dapet celana lanjut masuk dan bayar di loket, tiket masuknya Rp.10.500 per orang. Sesampai di kolam renang ada tiga toilet(ruang ganti) di beda tempat. Toilet pertama di dekat kolam untuk terapi ini ada tarifnya. Toilet kedua ini cukup jauh dari kolam tapi gratis. Toilet ketiga masuk di area kolam untuk berenang gratis tapi harus masuk area kolam renang di kenakan tarif Rp.5000 per orang.

Karena kita juga hobi renang jadi kita mutusin untuk masuk kolam renang dulu masuk area ini tiketnya 5 ribu dan cukup puas karena kolamnya bersih dan bisa renang sepuasnya. Air di kolam renang tidak sehangat di kolam terapi. Ketika puas berenang kita pindah ke kolam terapi. Mungkin karna kita tidak terbiasa mandi air hangat pas nyebur di kolam terapi airnya terasa panas banget tapi setelah sekitar 5 menit tubuh kita bisa menyesuaikan dengan airnya. Kita sempat mengobrol dengan salah satu pengunjung yang tiap seminggu sekali bahkan 3 kali mandi di cangar. Dia menyarankan untuk tidak terlalu lama di kolam karena akan membuat dada sesak, jadi usahakan setelah 1 jam kembali ke daratan untuk menetralkan tubuh setelah itu boleh menyebur lagi.

Setelah berjam-jam main di pemandian air hangat cangar kita segera packing untuk melanjutkan ke destinasi berikutnya. Sekian semoga manfaat 😉

Artikel Dari :

Instagram @tupay_fi  WA : 083834740874