LINGKARMALANG – Wisata edukasi dini ini sangat menarik di Malang, tak hanya sekelas museum tubuh di pelataran Jawa Timur Park. Ada pula wisata edukasi yang langsung berinteraksi secara nyata. Salah satunya yaitu Peternakan Kuda Megastar, dengan konsep beternak kuda yang dibidangi secara langsung oleh perum perhutani ini, rupanya dapat menjadi destinasi alternatif bagi wisatawan.

Memang dengan usia yang masih dini masih butuh pengembangan bagi Megastar. Namun terlepas dari hal tersebut, peternakan ini sangat layak untuk dikunjungi. Objek wisata yang terletak di jalur lingkar barat, desa Oro-oro Ombo, kecamatan Junrejo kota Batu ini tidak setengah-setengah dalam memberikan edukasi ke pengunjung. Pasalnya Nawak-nawak lingkar malang yang berkunjung ke tempat ini akan mendapat pendampingan dari guide.

Ibarat gudang ilmu, anda dapat bertanya-tanya mengenai tata cara beternak dan merawat kuda. Sedikit informasi bagi anda, di peternakan ini menggunakan sistem silvopasture. Silvopasture merupakan konsep beternak dengan bersimbiosis mutualisme dengan perkebunan. Jadi mulai pakan sampai limbah ternak tidak ada yang terbuang.

Kembali pada peternakan kuda Megastar, peternakan yang memiliki 50 kuda ternak ini siap anda jadikan objek berfoto. Jika anda ingin berkuda di tempat ini juga bisa, dengan tarif 50 ribu rupiah para pengunjung sudah bisa menikmati berkuda mengelilingi area peternakan selama 30 menit dengan didampingi oleh ahlinya. Selain berkuda anda juga dapat berfoto dengan konsep pegunungan yang sangat kental. Karena peternakan kuda ini berlokasi di kaki gunung Panderman, maka dapat disimpulkan udara dingin nan segar akan anda rasakan.

Tak kalah menarik adalah taman bunga matahari yang ada di peternakan ini, sehingga anda bisa juga berfoto disana. Dengan ciri khas warna kuning dan bunga yang elok akan sangat cocok digunakan sebagai latar foto pada tengah hari. Anda tertarik untuk mengunjungi peternakan kuda ini? Cukup merogoh kocek 25 ribu untuk tiket masuknya. Selamat berwisata sekaligus belajar. (Pungkas.P)