Lingkarmalang.com, Kopi Turen – Khasanah perkopian nusantara lambat laun mulai menggeliat. Dengan beberapa inovasi menghasilkan ragam kopi yang bertambah. Tak hanya inovasi pada produk pokok yang berupa biji kopi dengan proses rekayasa genetika, namun ada beberapa yang memilih untuk berinovasi pada pengolahan kopi. Seperti pengolahan kulit kopi yang pernah dibahas oleh Lingkar Malang pada tulisan sebelumnya. Ada pula inovasinya tetap pada pengolahan biji kopi, dengan ragam cara pengolahan biji kopi dipercaya dapat menghasilkan rasa yang beragam pula.

Salah satunya yaitu dengan pengolahan cold brew, nah kali ini Lingkar Malang ingin mengenalkan variant cold brew yang sudah di produksi kera ngalam. Produk yang lahir di Turen ini merupakan salah satu inovasi baru yang berani keluar dari kedai kopi kelas eksklusif. Pasalnya varian cold brew ini sebelumnya memang sudah beredar di pasaran namun hanya untuk kelas eksklusif. Selain ruang edar yang terbatas pada warung kopi mahal, menurut berbagai sumber kopi yang di olah dengan cold brew ini cenderung memiliki biaya yang besar. Hal ini dikarenakan cold brew memiliki cara pengolahan yang berbeda dengan olahan kopi biasa.

Jika kopi biasa mengolahnya harus di seduh air panas untuk meng-ekstraksi bubuk kopi. Lain halnya dengan cold brew, cara pengolahan ini memilih untuk anti air panas. Sebagai gantinya untuk mengeluarkan ekstrak kopi yang terkandung pada bubuk kopi di rendam air dengan suhu ruangan. Dengan jangka waktu sampai 24 jam. Hal ini melahirkan rasa yang sangat berbeda dengan kopi seduhan. Dengan siklus seperti itu maka sangat lumrah untuk mendapatkan harga yang lebih mahal dari kopi seduhan.

Sang pemilik Begins menolak hanya berinovasi dalam hal pengolahan, namun juga mencoba berinovasi dalam segi packaging. Dalam hal pengemasan biasanya kopi memilih untuk cair dan dikemas plastik. Namun untuk lebih memiliki kesan elegan memilih untuk mengemasnya pada botol kaca. Selain lebih layak untuk disuguhkan pada tamu yang memiliki kelas eksklusif botol kaca juga dapat menahan dingin. Karena kopi dengan 3 varian rasa ini sangat cocok dinikmati dalam kondisi dingin. 3 jenis rasa yang di miliki yaitu original Karlos (karang ploso), original Flores dan latte Flores. Jika ingin mencoba saat ini Begins hanya dapat melayani pre-order saja dengan menghubungi pemilik akun instagram @Begins_Coldbrew_Coffee .(Pungkas)