“ Mas Hilman,tau cokelat singo ga? kapan-kapan kalau sempet saya titip coklat singo yang isinya tempe ya?’  ucap seorang wisatawan dari ibukota yang kebetulan singgah di kantor Lingkar malang. “Coklat singo? Isinya tempe lagi, kok saya belum pernah dengar ya?” kata saya dalam hati.  Namun berhubung yang tanya wisatawan dari luar kota, dan takut ketahuan kurang gaul di bidang kuliner maka saya sanggupi saja permintaan kawan baru saya itu.

Berbekal rasa penasaran terhadap rasa tempe yang berbalut coklat, ditambah dengan rasa malu akibat kurang pengetahuan tentang wisata kuliner khususnya jajanan oleh-oleh di Malang. Maka saya beranikan untuk bertanya kepada beberapa teman yang telah lama terjun di dunia masak-memasak. “iyo sam onok, lagi nge hitz juga iku mosok umak ga eroh?” ( iya mas ada, lagi nge hitz juga itu, masak kamu ga tau?) jawab teman saya. ”wah pas banget ini” pikir saya, Tim lingkarmalang.com bulan ini sedang kejar target untuk mengumpulkan data kuliner khas malang untuk diliput.  Nama singo sebagai merk, dan tempe sebagai bahan baku seperti cukup Malang banget untuk dijadikan bahan liputan.

arek malang wajib coba cokelat singo,varian isi seperti tempe, apel,oreo dan cherry

Singkat kata, esok harinya sayapun tiba workshop Deli coco (usaha di bidang kuliner yang memproduksi coklat singo). “dari lingkarmalang ya mas? Monggo mas masuk” sapa hangat dari mbak Fafa pemilik rumah yang sekaligus merangkap sebagai Owner deli coco. Di dalam rumah sayapun telah disambut oleh berbagai macam varian cokelat singo dan minuman dingin yang menggugah selera. Setelah sedikit berbasa-basi dan mengenalkan diri, akhirnya kalimat yang sudah saya tunggu-tunggu  terucap “ayo mas dicoba coklatnya”. Tanpa pikir panjang saya pun mencoba salah satu coklat yang telah menggoda untuk diikmati. Waooow… rasanya benar-benar diluar dugaan, Dark chocolate dipadupadankan dengan  gurihnya tempe  menjadi satu kombinasi yang sempurna ,danKekhawatiran saya akan adanya rasa yang bertabrakan hilang sudah.

cokelat singo

Menurut pengakuannya, usaha yang sudah dirintis sejak tahun 2009  ini adalah berkat kecintaannya terhadap dunia masak-memasak khususnya cokelat. Hal ini terbukti dengan sudah banyak karya cokelat yang diciptakan, sebut saja choco drink, coffee choco, choco candy, choco in jar, dan yang pasti cokelat singo. Tidak cukup puas  dengan boomingnya cokelat dengan tempe didalamnya, kini cokelat singo hadir dengan banyak varian. Mau tahu apa saja varian barunya selain dark apel, white oreo, dan white chery? Yuuk kepo in sendiri produknya di Instagram @delijayasince2009.