UMAK – Kota malang sangat identik dengan kawasan pariwisata maka tak heran kalau kota Malang sering disebut kota pariwisata. Adanya pegunungan membuat kota ini memiliki beberapa objek wisata yang indah yakni berupa air terjun Coban Talun yang menjadi salah satu daya tarik wisatawan serta menjadi destinasi favorit untuk mengisi waktu liburan baik keluarga maupun kerabat dekat. Alasan utama adalah karena air terjun Coban Talun memiliki pesona pelangi yang indah.

Coban Talun adalah salah satu dari beberapa nama air terjun di Kota Malang  yang bertempat di kawasan wisata Bumi Perkemahan Coban Talun yang ada di lereng barat Gunung Arjuna-Welirang. Lokasinya berada di Dusun Junggo, Desa Tulungrejo, Kecamatan Bumiaji,Kota Batu,Malang. Rute menuju Coban Talun bisa dibilang cukup mudah dengan menggunakan motor atau mobil waktu yang diperlukan untuk perjalanan kurang lebih 30-45 menit tergantung kondisi lalu lintas. Rute yang di tempuh yaitu dari Kota Malang langsung menuju kota Batu setelah itu melewati alun-alun Kota Batu ketika sudah berada di perempatan maka rute selanjutnya belok ke kanan lurus menuju arah wisata Selecta.

Sepanjang perjalanan menuju ke lokasi Coban Talun akan disuguhi pemandangan yang indah dengan kanan dan kiri berjejer pohon apel yang ditanam oleh warga sekitar yang tentu menggugah selera. Kondisi jalan menuju lokasi berupa aspal yang cukup nyaman di lalui oleh kendaraan roda empat maupun roda dua. Udara sejuk akan menyelimuti pengunjung ketika sampai di dekat area Coban Talun, tak heran ketika kami berkunjung kesana tidak merasa lelah maupun lemas walaupun kami sedang melakukan puasa. Setelah sampai di gerbang lokasi, kendaraan bisa di parkir. Selanjutnya kondisi jalan berganti menjadi jalan setapak namun cukup nyaman ketika berjalan di jalan tersebut.

Dengan tiket masuk yang terjangkau yakni Rp.10.000/orang, ada berbagai tempat yang bisa di kunjungi yaitu Taman bunga,wahana Apache, Gua Jepang, bendungan Dam, dan tentunya Air terjun tersebut. Pertama adalah bendungan yang jaraknya cukup dekat dengan lokasi parkir. Kedua Adalah Air Terjun yang jaraknya lumayan jauh yang harus ditempuh dengan berjalan kaku melewati jalan setapak,melintasi jembatan dan melewati hutan pinus sekitar 30 menit yang ternyata merupakan bagian atas dari air terjun. Jika ada persimpangan maka berbelok kekiri, Air terjun Coban Talun ada di dasar tebing sungai dan untuk mencapainya harus turun melewati jalan tanah berkelok-kelok disisi tebing yang cukup curam.

Tetapi semua perjuangan itu akan terbayar tuntas ketika sampai di Air Terjun yang menyuguhkan pemandangan dan sejuknya udara berkolaborasi dengan percikan air terjun yang membuat tubuh maupun pikiran menjadi fresh kembali. Apabila anda hobi foto seperti saya maka banyak spot untuk jadi objek hunting foto. Mungkin sekian artikel kali ini saya yang dasarnya kurang ahli menulis jadi mohon maaf apabila banyak kekurangan dan kesalahan ketika penulisan. untuk lain kali mungkin saya akan mengunjungi wisata yang masih banyak di kota Malang ini, terimakasih.

Instagram   : @fernanda_yudha18