LINGKLARMALANG – Bagi Nawak Ngalam yang mempunyai hobi Backpacker-an ke luar negeri mungkin transportasi umum bukanlah hal yang asing lagi. Meng arrange trip dengan budget seminim-minimnya adalah hal yang wajib dilakukan bagi sebagian backpacker. Maka dari itu transportasi umum kerap dijadikan sarana transportasi bagi penggemar wisata hemat ini.

Begitupun pula dengan Kota Malang yang menyandang gelar sebagai kota wisata. Sebenarnya ada banyak destinasi wisata di kota ini yang bisa ditempuh oleh sarana angkutan umum. Walau fasilitas di Kota bunga tidak senyaman BTS Sky Train di Bangkok dan tidak sebersih MRT di Singapura setidaknya menjelajahi Kota Malang dengan menggunakan transportasi umum layak dicoba bagi Nawak Ngalam yang ingin menghemat budget travelling-nya

Di artikel kali ini Tim Lingkar Malang ingin membagi beberapa tips dan panduan trip hemat ke pantai Malang selatan menggunakan transportasi umum. Berikut  ulasan kami :

Via Stasiun  Kota Baru

Bila Nawak Ngalam tiba di stasiun kota Baru, yang pertama harus dilakukan adalah mencari angkutan umum arah Gadang dengan kode GA. Jangan lupa pastikan dan tanyakan apakah benar angkutan ini akan menuju terminal Gadang

Via Terminal Arjosari

Di terminal Arjosari  ada lebih banyak pilihan angkutan yang menuju kearah Gadang yaitu dengan kode GA, AG, AMG.  Bila Nawak Ngalam tidak tiba terlalu larut malam, Nawak Ngalam bilang saja pada supir bis untuk turun di Taspen, di seberang Kantor Taspen sudah ada banyak angkutan jurusan Gadang yang siap mengangkut Nawak Ngalam.

Naik Bis Tujuan Dampit

Setibanya di terminal Gadang, pasti Nawak Ngalam akan mendengar teriakan kondektur bus yang menawarkan jurusan Turen. Langsung saja datangi dan bilang bahwa anda ingin turun di pasar Turen. Tidak perlu menunggu waktu lama biasanya bus ini akan segera penuh dan berangkat.

Menuju Sendang Biru

Jangan sampai tertidur, dan ingat bahwa anda harus turun di pasar Turen. Bila kernet sudah meneriakkan pasar Turen segeralah untuk bersiap turun karena masih ada satu lagi angkutan umum yang harus anda naiki. Angkutan berwarna biru muda adalah angkutan umum yang akan mengantarkan anda ke Pantai Sendang Biru. Namun jangan lupa tetap tanyakan dan pastikan kepada sopir angkutan, apakah mobil yang akan anda tumpangi berhenti di Sendang Biru atau tidak.

Tour Pantai Malang Selatan

Ketika Nawak Ngalam tiba di daerah Sendang Biru itu tandanya satu pantai Malang Selatan sudah ada di depan mata. Bila Nawak Ngalam ingin menjelajahi rangkaian  pantai di Malang Selatan yang lain anda bisa menggunakan ojek lokal yang siap mengantar ke destinasi yang Nawak Ngalam inginkan seperti pantai Goa Cina, Bajul Mati, Batu Bengkung dan pantai yang lainnya.

Oiya sebelum penulis mengakhiri artikel ini. Penulis ingin menghimbau pada Nawak Ngalam agar jangan tergoda untuk menjajal trekking atau berwisata ke Pulau Sempu walau sudah sangat dekat dengan pantai Sendang Biru , karena pulau itu adalah  cagar alam yang dilindungi. Jangan sampai habitat dan kelestarian Pulau Sempu terganggu akibat ulah wisatawan yang tidak bertanggung jawab (Kartiko.P)