LINGKARMALANG – Topeng malangan merupakan sebuah tradisi dan juga kebudayaan yang berada di jawa timur. Sejarah ini sendiri berkaitan dengan salah satu kerajaan yang pernah ada di Indonesia yaitu kerajaan Kanjuruhan. Di dalam sejarah kerajaan kanjuruhan sendiri raja yang paling dikenal adalah Raja Gajayana dimana saat pemerintahaannya kerajaan ini mendapatkan masa masa keemasan.

topeng malangan

Pemerintahan sang raja sendiri bermula di abad ke 8 masehi. Dari masa pemerintahan Raja Gajayana sendiri dikenalah budaya topeng ini yang juga bisa dikaitkan dengan sandiwara atau tontonan yang menghibur untuk rakyat dan juga raja sendiri. Nah bagi yang ingin lebih mengenal sejarahnya maka berikut akan kami sampaikan.

Sejarah Topeng Malangan

Topeng malangan atau yang juga dikenal dengan wayang topeng ini memiliki inspirasi yang diambil dari kebudayaan india sendiri. Hal ini bisa dikonfirmasi dari sejarah kerajaan Kanjuruhan yang saat itu didominasi oleh sastra dari negeri india.

Hal ini dikarenakan pada jaman tersebut india sering mengirimkan pedagang pedagangnya untuk berdagang dan salah satu kerajaan yang sering melakukan kotak dagang dengan saudagar india adalah kerajaan Kanjuruha yang membuat kerajaan ini bisa mengasimilasi kebudayaan dan sastra india dengan lebih fasih dan juga mudah. Hal ini juga yang mempengaruhi budaya topengan ini.

topeng malangan

Untuk wayang topeng ini sendiri cerita cerita yang sering dipentaskan sendiri adalah cerita cerita wayang india seperti contohnya adalah kisah Ramayana dan juga kisah mahabarata. Yang menarik adalah kebudaayn topeng wayang jaman dulu juga direlasikan atau dihubungkan dengan acara religi yang membuat acara ini lebih sakral.

Akan tetapi semenjak pemerintahan Raja Erlangga kesenian topeng ini diubah untuk lebih mendekati kebudayaan biasa dan juga lebih mendekati seni tari. Selain itu maksud dari topeng ini adalah untuk mendukung fleksibilitas penari dan tidak usah menggunakan riasan yang pada jaman dulu memang susah untuk dilakukan.

Itulah beberapa poin singkat mengenai sejarah topeng malangan, tentunya, menarik bukan karena sampai sekarang kebudayaan ini terus berkembang dan bisa diasimilasi dengan baik dalam kebudayaan kota malang sendiri.

Video kiriman Galeri Malang & Sekitarnya (@lingkarmalang) pada