LINGKARMALANG – Musim pelajar baru akan segera tiba, ribuan bahkan hingga ratusan ribu mahasiswa baru akan datang menyerbu Kota Malang. Tentu saja mencari tempat pemondokan atau rumah kos akan menjadi agenda utama para mahasiswa baru ini. Bagi mereka yang dari luar kota, luar pulau, bahkan luar negeri setidaknya harus sudah mendapatkan pemondokan sebelum hari pertama mereka masuk kuliah.

Bagi para penduduk lokal, bisnis kos-kosan ini sangatlah menggiurkan, tak jarang mereka rela memangkas separo rumah tinggalnya demi bisa dijadikan tempat kos bagi para pelajar. Bagi para mahasiswa Universitas Brawijaya Malang, mencari tempat kos di daerah Kerto dan Sumbersari adalah primadona sejak jaman dahulu. Harga kos yang bervariasi cukup memudahkan mereka menyesuaikan dengan budget di kantong.

Mengingat pembayaran kos-kosan biasanya dibayarkan selama 1 semester, maka bagi Nawak Ngalam yang berencana untuk mencari kos harus memperhatikan beberapa aspek terkait dengan kenyaman dan keamanan, daripada harus pindah sebelum kontrak 1 semester selesai ataupun  menghabiskan waktu 6 bulan dengan perasaan yang terpaksa dan tidak betah. Jadi kali ini tim Lingkar Malang akan berbagi sedikit tips yang berguna bagi kalian para calon warga Kota Malang.

  • Fasilitas dan Budget

Harga rumah kos saat ini sangatlah bervariasi, mulai yang paling murah sekitar 400 ribu per bulan, hingga setara hotel 3 juta per bulan juga ada, tergantung mencari tempat kos di daerah mana dan fasilitas apa saja yang diinginkan. Misalnya saja, kamar kos mungil dengan ukuran 2×2 m, dengan isian 1 buah kasur, 1 buah lemari pakaian ukuran sedang, dan meja kursi kecil akan dihargai sekitar 400 ribu, untuk kamar dengan ukuran lebih besar biasanya harganya mulai dengan harga 500 ribu rupiah. Bagi mereka yang memiliki budget lebih banyak, bisa mencari kamar kos dengan fasilitas free wifi, AC, kamar mandi dalam plus tempat parkir mobil tentu harganya mencapai 2 hingga 3 juta rupiah per bulan, tak jarang beberapa tempat kos memberikan bonus sarapan setiap pagi dan jatah loundry pakaian setiap minggunya.

  • Keamanan

Hal penting lainnya yang perlu diperhatikan adalah keamanan. Sebelum memutuskan untuk memilih tempat kos ada baiknya meakukan survey pada warga sekitar untuk mengetahui sejarah keamanan rumah Kost yang akan anda tempati. Akan lebih baik lagi bila anda memilih tempat kost yang mempunyai CCTV dan penjaga kost yang selalu standby membantu Nawak Ngalam sekalian.

  • Jarak dengan Fakultas

Hal ini perlu diperhatikan buat Nawak Ngalam yang berniat untuk jalan kaki ke Fakultas. Semakin dekat anda dengan gerbang terdekat maka otomatis semakin singkat pula jejak langkah yang akan diayun menuju fakultas. Hal ini juga berlaku bagi tipe mahasiswa pemalas yang ingin sedikit lebih lama merasakan harumnya bantal. Dengan memilih tempat kos yang dekat maka Nawak Nalam bisa datang ke kelas tanpa takut telat, dan bisa tidur sedikit lebih lama.

  • Jam Malam

Bagi Nawak Ngalam yang berniat menjadi aktivis kampus jam malam perlu diperhatikan. Kegiatan unit mahasiswa yang menumpuk kadang memaksa Nawak Ngalam untuk pulang larut bahkan dini hari. Jadi pilihlah tempat Kos yang fleksible dengan jam malam.

Semoga apa yang pernah dirasakan oleh Tim Lingkar Malang saat mencari kos bisa berguna bagi Nawak Ngalam

Info Kos Malang 0857 5575 3444

Penulis ( Kartiko.P)