Akhir-akhir ini wisata edukasi semakin marak di gembar gemborkan di seantero nusantara. Mulai dari green education ataupun farm education. Salah satu farm education yang ada di Malang yaitu Milkindo. Milkindo merupakan wisata edukasi ter-nyeleneh yang ada di Malang, kenapa saya sebut demikian. Mari kita ulik bareng alasannya.

Dahulu Milkindo merupakan pabrik susu CV. Milkindo Berkah Abadi yang murni memproduksi susu dari sapi perah. Anti mainstream-nya ada di lokasi peternakan sapinya, kebanyakan peternak sapi memilih dataran tinggi sebagai tempat beternak. Namun beda cerita dengan perusahaan ini, dia nekat membuat peternakan sapi di Desa Tegalsari, Kecamatan Kepanjen Kabupaten Malang. Yang notabene merupakan dataran rendah yang jauh dari kesan dingin dan sejuk seperti halnya di peternakan sapi Pujon. Meskipun demikian perkembangan dari peternakan sapi Milkindo ini tidak main-main. Sampai-sampai mereka bertransformasi menyediakan wisata edukasi yang cukup keren.

Hal gila berikutnya selain menyediakan edukasi peternakan sapi di Milkindo Kepanjen ini anda dapat bermain-main dengan kelinci yang memiliki tempat terpisah dari peternakan sapi. Selain untuk menambah wahana edukasi taman kelinci disini difungsikan sebagai pengembangbiakan juga. Kelinci yang dikembangbiakan ada beberapa jenis, mulai dari kelinci hias sampai dengan kelinci ternak yang di manfaatkan dagingnya untuk konsumsi. Jadi jika anda mengajak putra putri anda atau murid-murid anda untuk study tour tidak melulu mendapat materi tentang pemerahan sapi.

Bagi para muda-mudi yang gak tertarik untuk wisata edukasi dapat terobati dengan adanya taman yang instagramable. Mulai dari kursi taman yang unik, sepeda angin yang siap untuk di jepret oleh kamera dan seabrek wardrobe yang memang disediakan untuk di foto dan di unggah ke sosial media tentunya. Untuk menikmati berbagai wahana tersebut anda tidaklah dikenakan biaya yang mencekik kantong. Hanya dengan 10 ribu rupiah anda dapat menikmati ketiga wahana tersebut dan mendapatkan susu fanda tentunya yang menjadi produk tunggal CV. Milkindo Berkah Abadi.