Malang Raya yang terdiri dari Kota Batu, Kabupaten Malang, dan Kota Malang Memiliki keindahan yang luar biasa. Tidak hanya pada destinasinya, bahkan jalan yang kita lewati memiliki panorama yang tidak kalah menarik. Alias kita dapat menikmati secara gratis sekaligus menjadi rest area. Selain mengistirahatkan badan yang lelah menempuh perjalanan juga dapat mengistirahatkan otak dari aktifitas sehari-hari. Nah kali ini Lingkar Malang akan membuat ulasan tiga perbatasan Malang Raya yang layak untuk di jadikan tempat berhenti.

  • Bendungan Karangkates
bendungan karangkates, Photo IG @kaki_kelinci

Bendungan Karangkates merupakan perbatasan antara Kabupaten Malang dengan Kabupaten Blitar. Bendungan yang menjadi satu area dengan Bendungan Lahor dan Sutami ini sangat lumrah untuk dijadikan tempat istirahat bagi pengendara motor dan mobil. Selain menyajikan pemandangan yang indah di sore hari, para penjaja kopi pinggir jalan seakan memaksa para pengendara untuk berhenti sejenak. Waktu yang sangat pas untuk menikmati pemandangan disini antara pukul 3-6 sore. Karna pada jam tersebut di sepanjang jembatan bendungan ini biasanya banyak berkumpul para pemuda dan pemudi yang menambah asyiknya suasana pada saat anda berhenti.

  • Gladak Perak, Piket Nol
Piket Nol, Photo IG @jeffrymikael

Gladak Perak merupakan nama sebuah jembatan yang terletak di Kabupaten Lumajang. Jembatan ini seakan menjadi pembatas antara Kabupaten Malang dan Kabupaten Lumajang. Konon jembatan yang di bangun pada zaman kolonial ini di bangun dengan tenaga manusia. Mungkin jika anda berkunjung kesini tidak akan percaya dengan fakta tersebut. Karena selain jarak jembatan dengan dasar sungai yang sangat dalam dan juga dari ujung ke ujung jembatan tersebut bermaterial awal batu-batu besar. Terlepas dari fakta tersebut jembatan ini sangat direkomendasikan untuk tempat peristirahatan. Selain memiliki suhu yang sejuk karna letaknya di rimbunnya pepohonan hutan piket nol, juga pemandangan yang di sajikan sangat menarik. Bahkan jika anda beruntung anda bisa melihat megahnya Puncak Mahameru dari atas jembatan.

  • Bendungan Selorejo
Waduk Selorejo, Photo IG @martha.diniyanti

Destinasi yang terakhir ini yaitu bendungan yang menjadi sekat antar Kabupaten Malang dan Kabupaten Pare. Dari bendungan yang berada di ketinggian ini kita dapat beristirahat sembari menikmati sejuknya udara di Kecamatan Pujon. Disini juga ada rest area yang lengkap dengan fasilitas musholla dan toilet. Di rest area yang berbentuk pujasera tersebut kita bisa memesan minuman dan makanan hangat yang dapat kita nikmati ditengah dinginnya udara di area Bendungan Selorejo.