Lingkarmalang.com Tani Maju Band -Nawak-Nawak Lingkar Malang generasi 90’an pasti tak asing dengan lagu berjudul castol, cewek sialan dan rentetan cerita begajulan khas pemuda pada tahun segitu. Kelompok musik slengekan yang nekad menggarap lagu ini bernama Tani Maju. Biasanya disingkat TM.

Dengan penampilan yang bisa dikatakan abnormal dibawah maupun diatas panggung secara tidak sadar dapat memaksa pinggul untuk bergoyang. Bagaimana tidak? Dengan penampilan saat manggung yang aneh-aneh tapi tetap membawakan musik yang rancak. Padahal seluruh personilnya merupakan guru yang lumayan eksis di sekolahnya, tapi tetap profesional dalam memainkan genre-nya.

TM sendiri sudah mewarnai khazanah musik sejak tahun 1999, awal mula terbentuknya karena mereka se UKM di UM. Para calon guru tersebut membawakan jenis musik yang beda dari yang lain.

Ditengah para musisi yang mengusung lirik sendu, pada awal tahun 2000 Tani Maju mengeluarkan album fisik berjudul castol. Betapa kreatifnya mereka dari sebuah lem saja sudah menjadi lirik lagu yang dapat dikatakan ramah di telinga. Album yang berisi video mereka manggung di trawas tersebut laris manis, mungkin saat itu masih belum jaman nyetel musik di youtube, makanya laris manis video yang mereka buat.

Namun dengan konsep sesederhana itu mereka tetap dapat bertahan. Entah karena kesetiaan Jogeder sebagai fans Tani Maju Garis Keras, atau masih belum ada band se-gila ini, yang dapat mengobrak-abrik popularitas Tani Maju. Tak jarang acara pentas seni atau acara di kampus yang diisi mereka. Meskipun ada kesibukan saat weekday setidaknya saat mereka manggung sudah menimbulkan efek rekreasi bagi personel maupun para penonton.

Baru tahun kemaren mereka mengeluarkan album berjudul Beda Topi Miring. Sebetulnya awal penamaan mereka ada kaitannya dengan minuman keras murahan yang bernama Topi Miring tersebut. Jelas saja mereka tidak mungkin menamakan band mereka sama dengan produk minuman keras. Mereka pun membuat plesetan Topi Miring dengan nama Tani Maju. Toh sama-sama singkatannya TM.