Lingkarmalang.com, Sumber Sirah – Dibalik kesialan pasti ada kebaikan setelahnya. Hal tersebut terbukti di Sumber Sirah. Dilokasi Sumber Sirah yang ada di Desa Sumber Jaya Kecamatan Gondanglegi Kabupaten Malang ini sangat panas. Di tengarai lokasi tersebut ada di tengah lading tebu yang tak dapat diragukan lagi suhu panasnya. Namun dibalik panasnya lading tebu ada sumber air yang beningnya dapat membikin anda dahaga. Ya dengan air bening menyerupai Umbul Ponggok ini dapat menarik pengunjung, bahkan sangking beningnya sampai dasar kolam yang di tumbuhi tanaman air liar dapat terlihat dari permukaan kolam.

Banyak tanaman air liar yang terlihat disini, bahkan tak jarang tanaman air yang bercokol di pasir hitam tersebut dibuat foto under water seperti di Umbul Ponggok yang ada di Jawa Tengah. Bedanya hanya pada dasar kolam. Jika Umbul Ponggok berlantai batu sedangakn di SUmber Sirah ini berlantai pasir. Jadi sangat diharamakan memasuki kolam dengan cara melompat dari ketinggian, karena jika anda melakukannya akan membuat air kolam keruh. Pun juga pengunjugna dihimbau untuk tidak melakukan hal yang dapat membuat air keruh lainnya seperti mengaduk dasar kolam dengan kaki.

Para pengunjung biasanya menjadikan Sumber Sirah sebagai ajang foto. kebanyakan di Instagram Sumber Sirah dijadikan sebagai foto separuh. Separuh dari frame berada di air dan separuhnya lagi berada di permukaan. Anda tahu hasilnya akan sangat sempurna. Disebabkan oleh warna air yang bening dan cenderung biru. Jika anda suka memotret biota air juga dapat diaplikasikan disini. Namun butuh kesabaran yang ekstra karena ikan disini kebanyakan seukuran ikan teri.

Dengan akses yang sangat mudah dan tidak terlalu membutuhkan tenaga ekstra, rasanya kawasan wisata ini cocok dijangkau bagi ibu-ibu rempong yang enggan untuk berwisata kepelosok hutan. Kurang lebih hanya membutuhkan waktu tempuh 1 jam dari Kota Malang untuk menjangkau destinasi ini. Pun juga fotografer yang ingin memotret konsep air dan enggan pula berjalan jauh juga dapat mengunjugni Sumber Sirah. Anda dapat menanyakan letak Desa Sumber Jaya saat melewati Pabrik Gula Krebet. Akses jalannya memang tak terlalu rusak namun luamyan njelimet karena harus masuk gang.