LINGKARMALANG – Seperti layaknya manusia yang setiap tahun merayakan ulang tahun, sebuah komunitas ataupun lembaga pun pasti merayakan hal yang sama. Clungup Mangrove Conservation atau yang biasa disingkat sebagai CMC secara rutin merayakan ulang tahunnya pada setiap tanggal 21 September 2017. Sama seperti tahun-tahun sebelumnya, CMC selalu memberikan konsep yang berbeda untuk merayakan komunitas yang berusaha menjaga kelestarian rangkaian Pantai Clungup, Gatra dan Tiga Warna.

Dengan mengusung  judul berbahasa jawa yaitu ambalwarsa atau yang berarti ulang tahun, prosesi perayaan ini berjalan selama dua hari mulai dari tanggal  20 September 2017 hingga di puncaknya pada tanggal 21 September 2017. Tidak melulu berhura-hura untuk bergembira, CMC membagi kebahagiaan ini tidak hanya untuk manusia namun juga kepada hewan dan tumbuhan.

Di hari pertama, kegiatan ini diawali dengan acara pelepasan burung sesuai dengan habitatnya. Berbagai jenis burung yang terkerangkeng dalam sangkar di pasar burung sengaja dibeli oleh CMC. Dengan diiringi doa dan harapan agar burung ini bisa hidup bahagia dan bebas di alam, Pak Saptoyo pendiri CMC bersama dengan siswa dari tiga sekolah dasar dan satu sekolah menengah melepas puluhan burung ini kembali ke alamnya. Tak usai sampai disitu para  fasilitator CMC bersama dengan siswa, dan volunteer ramai-ramai menanam tanaman mangrove dengan harapan di ulang tahun CMC ini suasana Pantai Malang Selatan terutama rangkaian Pantai Clungup hingga ke Pantai Tiga Warna akan selalu bertambah lestari.

Hari Kedua adalah Puncak acaranya, di hari H ulang  tahun CMC ini digelar berbagai pertunjukkan rakyat yang bisa dinikmati oleh warga sekitar. Masuk pada malam hari diadakan juga acara larung sebagai bentuk rasa syukur kepada tuhan yang telah menyediakan keindahan alam beserta isinya untuk umat manusia. Yang dilanjutkan dengan makan bersama tumpeng disertai dengan doa yang khidmat.

CMC sebagai sebuah lembaga berbasis masyarakat ini telah lima tahun mengabdikan dirinya kepada laut yang biru dan pasir pantai yang  indah. Upayanya untuk menjadikan pantai di Malang tidak hanya untuk dinikmati tapi juga memberi edukasi tentang kelestarian alam patut diacungi jempol. Semoga di tahun kelima ini CMC tetap bisa menjaga idealismenya dalam memerangi sampah dan menjaga keindahan alam.(Kartiko)