Sowan Plat N

LINGKARMALANG – Tidak terlalu sulit menemukan event Sowan Plat N ke 4 kali ini.  STMJ mas Jupri yang berada di pinggir jalan besar Raya Langsep, ditambah dengan penampakan parkiran yang penuh dengan berbagai macam jenis sepeda. Memudahkan tim Lingkar Malang untuk memenuhi undangan Plat N  hadir di tour Kota Malang dengan lima titik ini.

Konsep yang diusung di titik keempat ini masih tetap sama dengan sowan Plat N yang sebelumnya. Tidak hanya menyajikan musik-musik dari berbagai genre dan Band, Sowan Plat N juga dibumbui dengan diskusi-diskusi santai yang membahas tentang kondisi dan berbagai masalah dunia musik di Kota Malang.

Malam itu diskusi yang diusung  membahas tentang Musik dan Media. Diskusi yang dimoderatori sendiri oleh Personil Plat N sendiri yaitu Vicky dan Oscar berlangsung gayeng sekaligus cukup panas. Si vokalis, dan sang penggebuk drum ini melontarkan beberapa unek-unek tentang sedikit rasa kecewanya terhadap media terutama media yang mempunyai embel-embel malang dan musik malang.

Beberapa kekecewaan yang terangkum dalam diskusi malam itu adalah, banyaknya media Malang yang lebih sering mengabarkan tentang band-band luar malang maupun luar negeri dibandingkan mengangkat potensi Band Malang sendiri. Padahal bila bicara prestasi Band Malang pun tak sedikit yang berkualitas dan punya bibit unggul. Yang kedua adalah fenomena adanya beberapa media malang yang bergelut di bidang musik lebih gemar memberitakan tentang kabar band-band dalam lingkarannya sendiri alias band temen-temennya sendiri. Hal ini sangat disayangkan dikarenakan beberapa media yang diamaksud mempunyai akses ke media nasional bahkan internasional, dan bisa ditebak pada akhirnya band Malang yang diliput oleh media nasional ya yang itu-itu aja.

Tak hanya bicara dari satu sisi,di malam yang sudah terlanjur panas ini  beberapa media dan para sesepuh di dunia musik Malang juga turut diundang untuk naik panggung menyumbangkan beberapa opininya. Dan akhirnya beberapa titik temu terangkai disini, komunikasi jadi satu pilar penting dalam hal ini. Salah satu media online Musik di Malang sebenarnya membuka lebar pintunya bila ingin profil band yang bersangkutan dimuat di laman nya, cuman memang harus cukup sabar mengingat banyaknya profil band lain yang masuk. Salah satu media cetak yang hadir menambahkan, mungkin permasalahan kenapa beberapa event musik tidak diliput adalah Karena tidak adanya proposal yang masuk ke kantornya. Sedangkan salah satu sesepuh di dunia musik Malang menyatakan “sudahlah, banyak-banyak bikin event yang serupa ini, nanti kan lama-lama media juga yang akan datang sendiri kalau kita konsisten”

Lingkar Malang mengucapkan banyak terimakasih telah diundang di event ini, bagi kami media yang masih bayi. Perbincangan pada malam ini adalah evaluasi awal yang banyak bisa diambil manfaatnya. semoga kedepan  antara Lingkar Malang dan berbagai komunitas bisa berjalan beriringan dan saling menguntungkan.

Penulis Kartiko. P