Lingkarmalang.com, Splendid Inn Hotel – Sejarah memang tak dapat bungkam, lambat laun hal yang terbilang biasa di masa lalu akan menjadi menarik di masa kemudian, tak lain karena nilai sejarah yang terkandung. Hal ini memancar terang dari nama Hotel Splendid Inn. Awal pembangunan hotel ini pada tahun 1923. Namun saat itu, nama tersebut tersemat pada bangunan depan yang saat ini menjadi Wisma Tumapel. Mungkin hak paten tersebut sudah diambil alih sejalan dengan status Belanda yang tak lagi memiliki apapun di negeri ini.

Tepat pada tahun 1973 seorang pribumi ahli pabrikasi gula pertama bernama Soemarjono membeli sebuah bangunan yang saat itu hanya rumah biasa dan membangun hotel Spelndid Inn yang sampai saat ini berdiri. Inisiatif ini berawal dari kebiasaan beliau melancong ke seluruh negeri dalam rangka urusan kerja maupun wisata. Namun beliau melihat di Malang saat itu akomodasi penginapan masih sangat minim. Beberapa sumber sejarah mengatakan saat itu hanya ada dua hotel, yaitu Hotel Pelangi dan Hotel YMCA.

Keistimewaan hotel ini berada tidak jauh dari stasiun Kota Baru dan beberapa destinasi seperti : Balaikota Malang (sebagai start point bus Macito), Alun-Alun Balaikota dan Kampung Warna Warni Jodipan. Sepertinya akan menjadi tempat menginap yang tepat bagi para traveler yang berencana citytour di sekitar Kota Malang. Selain letaknya yang strategis interior hotel ini juga menarik, pasalnya Herman Soemarjono sebagai pemilik hotel tidak merubah desain interior sejak berdirinya hotel tersebut. Karena orang tua beliau sudah me-wanti-wanti untuk tidak mengubah tampilan hotel ini.

Meskipun tidak berlabel hotel syariah jangan harap anda dapat menginap satu kamar dengan rekan anda yang bukan muhrim. Karena pasti check-in anda akan ditolak. Tak cukup di sana, sebaiknya jangab order kamar saat jum’at siang sampai sabtu sore. Menurut sang pemilik sabtu merupakan hari kebaktian, kurang pantas jika masih memikirkan harta dunia.

Hotel yang beralamatkan di Jl. Majapahit no. 2-4 Malang ini memiliki 3 kelas kamar. Patut dipertimbangkan untuk anda yang menyukai kesan vintage.