LINGKARMALANG – Soto bisa dikatakan sebagai makanan nusantara.  Walaupun tidak semua daerah, tetapi  bisa dikatakan persebaran soto hampir mencakup seluruh wilayah di beberapa pulau di Indonesia.  Beda daerah beda pula cara pengolahan dan rasa sotonya. Tidak hanya  soto lamongan yang terkenal kegurihan kuah kuningnya, Soto Madura pun memberikan rasa yang berbeda yaitu dengan menyajikan daging sapi sebagai bahan utamanya dan jeroan sebagai pelengkapnya. Beda di Jawa Timur beda pula di Jawa Tengah dan Jawa Barat, soto Kudus di Jawa Tengah terkenal dengan penyajiannya yang menggunakan mangkok mini serta sayuran yang lengkap, di Jawa Barat soto mi Bogor tampil agak sedikit berbeda, seperti namanya bahan baku utama yang ditonjolkan adalah mi, daging yang dihidangkanpun cukup unik yaitu urat, kaki sapi dan babat. Tidak hanya terkenal di Pulau Jawa soto ternyata juga hadir di pulau seberang contohnya soto Banjar di Kalimantan yang kaya dengan rempah, ataupun soto Makassar yang asik bila dinikmati dengan buras.

Malang yang kaya akan wisata alam dan keluarga ternyata tak mau kalah bersaing di bidang wisata kuliner. Di Kota ini juga ada soto yang memiliki ciri khas dan diburu oleh para wisatawan yang tandang ke Malang. Soto Lombok namanya, walaupun namanya soto Lombok, soto ini tidak ada hubungannya dengan pulau Lombok ataupun campuran lombok/cabai yang bisa membakar lidah. Dinamakan soto Lombok karena depot yang sudah berdiri lebih dari 50 tahun ini pertama beroperasi di Jalan Lombok Kota Malang. Soto yang pada awalnya diracik oleh Almarhum Bapak Abdulrahman Mustadjab Kamari ini mempunyai keunikan di perpaduan isinya. Soto ayam yang penuh dengan irisan ayam dipadu dengan irisan tomat, kentang rebus, kol, telur dan koya gurih yang teramat banyak. Masalah rasa tak perlu diragukan gurihnya kuah yang tercampur dengan koya memberikan nuansa soto yang berbeda dan menggoda untuk disantap.

Soto Lombok juga sudah membuka 5 cabang baik di dalam, maupun di luar Kota. Jadi buat Nawak Ngalam yang ingin menyantap Soto Lombok bisa langsung saja ke cabangnya di Jl. Tlogomas Dinoyo No. 50, Mondoroko, Purwosari, Jl. Dukuh Kupang 119 Surabaya, Jl. Parang Tritis No. 1 Malang, dan terakhir di Jl. Raya By Pass Gempol. Selamat menikmati. (Kartiko.P)