Tidak dapat dipungkiri malang memiliki banyak tempat bersejarah yang memiliki cerita tersendiri, seperti halnya tempat bersejarah di kota lain. Salah satu tempat bersejarah yang ada di Malang yaitu Sipon yang berada di Desa Sukun Kecamatan Kepanjen Kabupaten Malang. Secara bahasa keilmuan teknik “siphone” memiliki arti saluran sungai yang di bangun di bawah permukaan sungai. Namun Sipon yang kita ceritakan kali ini berupa pipa dengan diameter kurang lebih 2 meter. Memang sih pipa tersebut di bangun di atas sungai Metro.

Sipon di bangun pada tahun 1908, pada jaman belanda. Sampai saat ini tempat tersebut masih mengakomodir air yang berasal dari sungai Molek menuju barat dengan melewati sungai Metro tentunya. Aliran sungai ini di bangun untuk mengaliri tanah persawahan yang berada di barat sungai Metro. Keunikan dari Sipon ini adalah sitem perairan yang bekerja untuk melewati sungai metro. Jadi Sipon ini memiliki bentuk yang hampir mirip huruf “U”  dan air yang masuk di kedua pipa raksasa tersebut keluar dan masuk dengan debit air yang tergolong kecil. Dan sistem seperti itu beroperasi secara otomatis tanpa menggunakan mesin pompa air.

Sipon, Photo IG @Bendottetapsemangat

Seperti halnya tempat yang sudah di bangun di masa kolonial lain, Sipon juga memiliki cerita mistis yang lumayan seram. Dahulu kala ada kerajaan jin yang menguasai sungai Metro ini, Dan ada saat pembangunan Sipon kerajaan jin tersebut meminta sejumlah tumbal beberapa jasat manusia dan sang raja jin yang berbentuk ular besar meminta bangunan Sipon tersebut menjadi istananya. Maka dari itu tak jarang ada salah satu pengunjung yang melihat ular besar bermahota seliweran di sepanjang anak tangga Sipon.

Namun terlepas dari mitos tersebut Sipon ini memiliki keindahan tersendiri. Bak hutan yang dihiasi dengan banyak tetumbuhan, membuat Sipon sangat layak dikunjungi bagi anda penikmat keindahan alam. Di sini anda bisa menuruni anak tangga yang di hiasi pepohonan yang terkesan tidak terurus namun tetap berjajar rapi. Tak hanya keindahan flora yang dapat anda nikmati, di sini juga banyak berbagai burung liar yang seakan menjadi penghibur bagi anda yang sudah muak dengan kegaduhan kota. Jika anda berkunjung kesini boleh dibilang anda mengunjungi miniatur hutan belantara. Selain rimbunnya pepohonan anda juga akan di hibur liarnya satwa yang menjadi penghuni pohon.

Sangat di rekomendasikan untuk mengunjungi Sipon pada pagi hari. Karena selain suhunya yang masih dingin nan sejuk, jika anda berkunjung pada pagi hari sangat banyak kicauan burung liar yang ada di Sipon ini. Untuk mengunjungi Sipon anda tidak dikenakan biaya namun akses jalannya yang lumayan sulit. Karena pengunjung di wajiban masuk jalan tikus yang sangat jarang di lewati oleh masyarakat umum. Namun jangan khawatir nyasar jika anda masuk kota Kepanjen anda bisa tanya ke beberapa warga letak Sipon, pasti mereka akan menunjukkan jalan.