Tak dapat dipungkiri lagi barisan pantai malang selatan ke-ajib-an “kualitas” pantainya, mulai dari pemandangan, keasrian, sampai makanannya. Kali ini Lingkar Malang akan mengulas pantai selatan yang terletak di kecamatan Tirtoyudo. Tirtoyudo merupakan kecamatan yang menjadi batas antara kabupaten Malang dan Lumajang. Pantai tersebut bernama Sipelot. Secara administratif pantai ni terletak di desa Pujiharjo, kecamatan Tirtoyudo.

Sipelot merupakan pantai yang terletak di teluk. Jadi cukup aman jika anda membawa putra –putri kecil yang memiliki hobi berenang di pantai. Di sini juga ada aliran air tawar yang dapat digunakan untuk membilas setelah anda mandi air asin. Seperti halnya pantai di deret selatan kabupaten Malang, pantai Sipelot juga memiliki pasir yang memanjakan kaki. Selain halusnya super banget ditambah warnanya yang putih kecoklatan, pasti dapat menambah addict level anda untuk mengunjungi pantai ini naik.

Selain fasilitas alami yang telah disediakan oleh tuhan yang maha esa. Di pantai ini juga fasilitas buatannyajuga sudah cukup lengkap. Mulai dari tempat parkir, toilet, mushola dan warung ikan bakar yang siap memanjakan lidah anda. Untuk tarif parkirnya 10 ribu/mobil dan untuk motor  anda dikenakan 5 ribu/ motor, cukup mahal memang. Namun tarif ini terkesan seperti tiket masuk untuk kendaraan anda. Sedangkan untuk harga tiket masuknya hanya 5 ribu/orang. Sangat murah memang untuk mendapatkan paket refreshing yang awesome.

Sedikit cerita nih tentang sejarah nama Sipelot. Ada yang bilang nama Sipelot ini diambil dari bahasa Belanda, yaitu spelot yang berarti tempat istirahat. Mungkin hal ini di sebabkan oleh adanya teluk yang letaknya menjorok ke dalam dan juga adanya air terjun Sipelot yang dapat menjadi tambahan air tawar yang menjadi logistik penting bagi para pelaut ataupun tentara dari Belanda. Dari nama tersebut lalu dijadikan kata serapan dengan lidah jawa menjadi nama Sipelot.

Sayangnya tidak ada angkutan umum untuk menuju ke pantai Sipelot. Otomatis anda harus menyewa kendaraan dari kota Malang. Jika anda menggunakan kendaraan pribadi, anda dapat menuju ke arah lumajang. Di daerah Kecamatan Tirtoyudo anda harus berbelok ke kanan menuju desa Pujiharjo. Menurut beberapa refensi jarak antara jalan provinsi menuju pantai Sipelot kurang lebih 12 Km. Dengan rincian 10 Km sampai di desa Pujiharjo dan 2 Km jarak antara desa Pujiharjo menuju pantai Sipelot.

Sedikit informasi untuk jalan masuk dari jalan poros menuju desa Pujiharjo sudah beraspal namun masih banyak lubang sana sini. Setelah desa Pujiharjo anda akan disuguhi track aspal berkelok dan juga naik turun. Tidak hanya itu anda juga akan disuguhkan panorama alam yang sangat cantik untuk menutupi keluh kesah anda tentang jalan yang berkelok dan juga naik-turun. Panorama kebun kopi yang menjadi komoditas utama kecamatan dampit dan juga di akhir perjalanan anda akan disuguhkan pemandangan teluk yang berwarna biru kehijauan dari atas perbukitan. Dan disana adalah tujuan akhir anda, di pantai Sipelot.