LINGKARMALANG – Kota Batu sejak dahulu sudah terkenal dengan agro industrinya, letak geografisnya yang berada di dataran tinggi, dan tanahnya yang subur membuat Kota ini jadi lahan yang produktif untuk ditanami beraneka macam jenis tumbuhan dan buah-buah an.

Apel adalah salah satu maskot yang paling dicari bagi mereka yang berpergian ke batu. Bahkan  ada beberapa Hotel dan perkebunan rakyat yang sengaja menjadikan Kebun apelnya untuk dijadikan sarana Petik buah. Berbagai macam aneka olahan apel khas Kota Batu juga sangat laku di pasaran seperti contohnya, Sari Apel, dan keripik Apel. Namun tahukah Nawak Ngalam, sebenarnya hanya ada dua Apel saja yang menjadi simbol di Kota Batu, berikut Lingkar Malang akan ulas secara singkat tentang keunikan kedua jenis apel tersebut.

  • Apel Anna

Disebut sebagai apel anna mungkin Karena warnanya yang merah merona seperti pipi wanita bersemu Karena malu, tidak seperti apel manalagi yang hijau ataupun apel Fuji yang merah. Rasa apel ini banyak disukai Karena campuran rasa asam dan manis didalamnya. Tekstur dagingnya juga lunak (masir) namun padat serta memiliki aroma apel yang kuat dan khas.

  • Apel Rome Beauty

Mirip seperti apel Anna, Apel Rome beauty ini juga berwarna hijau bercampur dengan warna merah. Bedanya yang paling terlihat adalah bentuknya, bila bentuk apel anna lonjong, apel Rome beauty ini mempunyai bentuk lebih bulat. Bila dari rasa, daging apel rome beauty ini sedikit lebih keras (tidak masir) namun mempunyai rasa yang lebih kuat.  Jenis apel ini pula yang biasanya dijadikan sebagai bahan dasar sari apel yang terkenal itu.

Inilah sekilas ulasan tentang duet apel yang jadi maskot di kota Batu. sekedar tips dari kami buat Nawak Ngalam yang mau mencicipi kedua apel ini, silahkan dating ke daerah Bumiaji Batu disana terkenal dengan perkebunan rakyat yang menyediakan petik Apel.  (Kartiko.P)