Lingkarmalang.com, Oleh – oleh –  Kota Malang yang mempunyai lokasi strategis sebagai tempat persinggahan tak jarang menjadi lirikan investor dan bussinesman untuk mengembangkan usahanya. Hal ini terbukti dengan serangan beberapa investor ibukota yang merangkap sebagai artis untuk mengembangkan bisnis kuliner bertajuk oleh-oleh di Kota Malang tercinta ini. Tercatat ada sekitar empat gerai oleh-oleh Malang yang mengusung tokoh artis kenamaan ibukota. Adapun beberapa diantaranya adalah,

Malang Strudel

Walaupun sebenarnya strudel sendiri adalah makanan yang asalnya dari benua Eropa, namun Malang Strudel berani menasbihkan dirinya sebagai oleh-oleh khas Malang. Dengan menggunakan Teuku Wisnu sebagai ikonnya kini Malang Strudel berani membuka beberapa cabang gerai di Kota Malang.

A6/Asix

Sepertinya keluarga Anang dan Ashanti ini benar-benar jatuh cinta dengan Kota Malang. Setelah berhasil membuka cabang Anang Karaoke di Malang, kini keluarga yang terdiri dari 6 personel ini membuka cabang oleh-oleh berupa cake beragam rasa.

Queen Apple

Oleh-oleh yang satu ini besutan dari chef cantik bernama Farrah Queen, walau mengusung apel sebagai namanya tapi tak semua cakenya bercita rasa apel. Ada berbagai macam varian yang ditawarkan oleh Queen Apple. Sedangkan untuk jenis kuenya sendiri terdiri dari bolu dan strudle.

Makobu Cake

Hampir sama dan serupa dengan pendahulunya, Makobu Cake adalah semacam kue yang ber-topping aneka macam rasa. Makobu Cake sendiri adalah milik penyanyi ternama Krisdayanti, yang dulu terkenal melalui ajang Asia Bagus.

Berbagai jajanan artis yang mengatasnamakan oleh-oleh kini telah menghiasi ruas-ruas jalanan di Kota Malang. Ini sebuah persitiwa yang unik sekaligus menggelitik, kebanyakan oleh-oleh premium artis ini hanya ber-topping-kan apel khas Malang atau bahkan ada pula yang sama sekali tidak mengandung unsur ciri khas Malang sama. Hal ini patut dipertanyakan, oleh-oleh bagi kebanyakan  orang adalah barang atau makanan khas yang dihasilkan dari daerah tertentu. Nah apabila makanan berlabel oleh-oleh ini tidak berciri khas Kota Malang dan dimiliki oleh para investor artis dari ibukota, apakah jajanan ini masih bisa disebut sebagai oleh-oleh Malang? Semoga oleh-oleh Malang sebenarnya seperti keripik tempe, keripik buah maupun sari apel tidak tergerus oleh milik artis ibukota yang menyerang kota Malang. (Kartiko)