Lingkarmalang.com, Kabupaten Malang – Turen merupakan sebuah kecamatan yang berada di sisi tenggara Kota Malang. Sebetulnya sangat ramai sebuah kecamatan yang menjadi jalan menuju pantai selatan ini. Selain karena memang jalur menuju tempat wisata, kecamatan Turen merupakan tempat dimana ada industri keamanan negeri ini yang bernama PT. Pindad.

Tak hanya baru-baru ini saja Turen menjadi lokasi strategis, mulai jaman penjajahan pun Turen juga memiliki nilai tawar yang lebih dibanding daerah lain. Bagaimana tidak? Dengan adanya rumah sakit yang sangat profesional tersebut menjadikan daerah ini lebih maju. Selain itu Turen juga memiliki beberapa industri untuk mencukupi kebutuhan pokok. Mulai dari gudang garam, kopi, hasil kebun sampai pabrik tapioka terbesar di asia pernah dibangun disini. Level Kecamatan Turen ini memang lebih keren dari pada kecamatan lain. Seakan lebih memiliki wibawa yang tinggi dari kecamatan lain membuat Turen pernah dijadikan kawedanan membawahi beberapa kecamatan seperti Dampit, Wajak dan lain sebagainya. Bahkan saat jalur trem Malang-Dampit masih beroperasi Turen lebih tersohor lagi. Sampai-sampai menjadi lokasi incaran pertama karena lokasinya yang lebih dekat dengan perbatasan Malang-Lumajang.

Asal usul nama Turen sendiri tidak luput dari campur tangan kerajaan besar dan kuno. Terbukti dengan adanya prasasti watu godek yang ada di Desa Tanggung menjelaskan bahwa Mpu Sindok memberikan sebagian tanah kerajaan kepada seorang resi. Karena resi tersebut berencana membuat tempat ibadah di sana, maka diberikanlah sebagian tempat di desa turyyan. Dalam prasasti tersebut juga ada perintah untuk membendung sungai dan hasil pungutan pajaknya diberikan untuk pembangunan tempat ibadah tersebut.

Jika menganut prasasti tersebut bisa jadi 14 Juli 929 merupakan hari dimana Kecamatan Turen mulai ada. Namun sayangnya semakin dini Turen sudah berubah, dahulunya tanah yang subur untuk bertani kini beralih fungsi menjadi ruko-ruko megah. Tapi setidaknya sudah ada manisnya siswi SMK Widya Dharma dan es oyen di seputaran Pindad, sudah cukup menjadi patokan bahwa Nawak-Nawak Lingkar Malang berada di Turen.