LINGKARMALANG – Bulann Agustus adalah bulannya kemerdekaan Indonesia, dalam satu bulan ini sekejap rakyat ikut bergembira merayakan euphoria kemerdekaan. Bahkan di Tahun ini mulai tanggal satu agustus masyarakat Indonesia sudah dihimbau untuk menaikkan bendera dalam rangka menghormati jasa para pahlawan  yang telah mendahului.

Setiap tahun pula ada beberapa agenda rutin yang selalu dilaksanakan di Kota Malang, tentunya selain upacara hari kemerdekaan. Nah, pada artikel kali ini Lingkar Malang ingin merangkum beberapa acara yang rutin dilaksanakan pada setiap bulan Agustus.


Kerja Bakti

Kegiatan ini biasanya dilakukan oleh warga sebelum tanggal 17 Agustus. Setiap kampung biasanya berlomba-lomba mendandani kampungnya semenarik dan semeriah mungkin. Tak jarang kampung yang di design sesuai kemerdekaan ini juga dilombakan.


Lomba 17 an

Lomba 17an ini adalah salah satu yang amat ditunggu warga Malang raya. Tak peduli siapa yang menang ataupun kalah, lomba ini sekaligus jadi ajang berkumpul dan gembira bersama. Berbagai acara yang biasanya menjadi maskot adalah balap karung dan panjat pinang.


Barikan

Barikan sendiri biasanya secara lazim diartikan sebagai makan bersama di tempat terbuka. Dalam memperingati 17 agustus biasanya Barikan diadakan pada tanggal 16 malam sekaligus memanjatkan doa dan renungan suci terhadap jasa-jasa para pahlawan yang telah membela negeri ini.


Gerak Jalan

Beberapa tempat seperti Tumpang dan Kepanjen mengadakan lomba Gerak Jalan pada setiap tahunnya. Bukan hanya sekolah yang diundang. Namun masyarakat umum juga boleh turut serta. Mereka tidak melulu memakai seragam, kadang sebagian dari komunitas sengaja menggunakan kostum lucu untuk menghibur warga yang menonton.


Karnaval

Acara puncak dari gegap gempita semarak kemerdekaan biasanya diakhiri dengan karnaval. Setiap kampung, sekolahan, bahkan kadang komunitas turut meramaikan jalan-jalan poros Kota Malang. Tak hanya marching band, kadang jaranan, bantengan juga ikut tampil berkonvoi di Kota Malang. Sedangkan warga kampung dan desa biasanya lebih semangat untuk tampil menggunakan berbagai kostum pejuang dengan segala pernak perniknya yang gagah.


Inilah gambaran meriahnya acara 17an di Kota Malang, kalau punya cerita yang unik terkait dengan semarak kemerdekaan jangan lupa tulis dan kirim ke email kami ya. (Prasetyo.K)