Lingkarmalang.com, Goa Pathuk – Malang sepertinya tak ingin selesai dengan berbagai wisata baru, satu wisata beranak-pinak menjadi destinasi-destinasi lainnya. Seperti pantai Ngliyep yang saat ini terbagi menjadi destinasi-destinasi lainnya. Salah satunya pantai Gua Pathuk Ilang. Benar saja, destinasi ini berada satu blok dengan pantai Ngliyep. Secara administratif berada di Dusun Ngliyep, Desa Kedungsalam Kecamatan Donomulyo.

Bukan tanpa sebab dinamakan Gua Pathuk Ilang. Pasalnya di sebelah kanan pantai yang berombak tinggi ini ada gua yang biasa digunakan untuk bermeditasi. Menurut beberapa warga gua tersebut jika terjadi laut pasang akan tertutup air, nama gua tersebut adalah Gua Pathuk. Karena biasanya tertutup ombak dan dinyatakan menghilang, maka dari sana dinamakan Gua Pathuk Ilang. Mitos yang tersebar ke masyarakat tak cukup sampai di sana. Konon katanya jika gua tersebut tertutup air dan di dalamnya masih ada yang bermeditasi, sang pertapa akan terlindung oleh gua tersebut dan air tidak akan masuk ke gua Pathuk.

Terlepas dari beberapa mitos tersebut pemandangan yang disuguhkan pantai ini sungguh menakjubkan. Dengan airnya yang berwarna biru toska ini mata anda akan dibuat takjub. Setidaknya masih sangat layak untuk menjadi latar foto, apalagi jika berfoto di depan gua yang menjorok ke tengah lautan. Pasti akan terlihat luasnya samudra berhias ombak ganas khas pantai selatan.

Rasanya jika anda berkunjung pada siang hari sangat nyaman, apalagi bersanding dengan masakan seafood dan es kelapa muda. Anda dapat melihat langsung ke deburan ombak yang bersahut-sahutan jika memilih kedai tepat di depan pantai. Rasanya aktifitas ini yang sangat cocok untuk dilakukan di sini. Karena sangat mustahil untuk menikmati segarnya air yang ada di pantai ini, dengan karakter pantai yang turun ke arah samudera pasti memiliki ombak yang cenderung menarik ke tengah lautan. Hal ini yang membuat larangan untuk berenang di sini terpasang.