LINGKARMALANG – Kota Malang yang menjadi Kota jujukan bagi para pelajar kini semakin hari semakin merambat naik. Ibarat kota besar lain pelbagai problem yang sederhana sampai yang pelik mulai bermunculan. Jika di DKI Jakarta memiliki sistem offline untuk sambatan langsung kepada sang gubernur di Kota Malang memiliki cara unik untuk menerima kritik saran dan pertanyaan yang di miliki masyarakat. Dinas Komunikasi dan Informasi Kota Malang memiliki sistem informasi secara online untuk memberikan wadah kepada warga Kota Malang.

Sistem Informasi tersebut diberi nama Sambat Online. Sambat yang memiliki arti keluhan dalam bahasa malangan membuat program ini sangat cocok dan akrab di telinga masyarakat. Keluhan yang disampaikan oleh warga malang nantinya akan di fasilitasi dan disampaikan kepada dinas terkait. Caranya untuk memberikan kritik, saran dan pertanyaan cukup mudah, nawak-nawak lingkar malang cukup sms atau berkeluh kesah via website. Untuk keluh kesah yang disampaikan melalui website mengharuskan anda registrasi dahulu. Dengan mengisi formulir pendaftaran yang tersedia secara online juga pastinya anda sudah dapat mencurahkan sambatan yang anda miliki. Hanya beberapa data saja yang harus anda isi. Seperti nama, alamat, no telp, alamat surel dan user name. Lain halnya dengan sambatan via sms. Anda hanya diwajibkan mengirim sambatan anda dengan format. Sambat (spasi) Sambatan anda, dan dikirim ke 081333471111.

Setelah anda menyampaikan sambatan anda akan menerima nomor tiket sambatan anda. Nantinya nomor tiket sambatan dapat digunakan untuk melacak sambatan anda. Apakah sambatan tersebut sudah di sampaikan dan di tanggapi oleh pihak terkait. Sangat mudah jika anda sudah friendly terhadap sistem sebsite tentunya. Jika warga malang masih kesulitan untuk menggunakan website dapat sambat via SMS dan melacak sambatan tersebut meminta tolong kepada sanak saudara yang sudah terbiasa berselancar di internet. Semoga dengan adanya inovasi ini dapat membuat Kota Malang lebih baik.