Lingkarmalang.com, Cerita Umak – Museum Musik Indonesia adalah museum musik pertama dan satu – satunya yang ada di Indonesia. Museum ini terletak di Jalan Nusakambangan No. 19, Klojen, Kasin, Malang, Jawa Timur. Lokasinya berada di dekat area Rumah Sakit Panti Waluya Sawahan / RKZ. Sebelum museum ini berdiri, museum ini awalnya hanyalah sanggar musik yang memiliki nama Galeri Malang Bernyanyi. Galeri Malang Bernyanyi terbentuk pada tahun 2009. Seiring bertambahnya koleksi musik dan alat musik yang dimiliki, maka mereka membentuk gagasan untuk mendirikan Museum Musik Indonesia. Museum ini diresmikan pada tahun 2016 silam. Harga tiket masuk Rp 5.000,00,-. Biaya tiket masuk tersebut digunakan oleh pihak manajemen museum untuk biaya maintenance dan pengembangan museum. Tiap harinya museum ini buka pada pukul 10.00 – 17.00 WIB.

Sesuai namanya, museum ini menyimpan berbagai koleksi lagu, baik lagu – lagu asli Indonesia maupun lagu mancanegara. Kalian bisa request lagu favorite kalian, mulai dari lagu nostalgia zaman opa – oma masih muda, hingga lagu yang paling hits di era sekarang ini. Lagu – lagu yang ingin di request dapat dipilih di rak – rak musik. Di bagian rak terdapat label yang bertuliskan tahun kelahiran penyanyi dan nama penyanyi yang memudahkan pengunjung dalam mencari musik yang diinginkan. Disini kalian juga bisa mencoba berbagai pakaian daerah dan memainkan alat musik dari Sabang hingga Merauke. Beberapa diantaranya angklung, gamelan dan sasando.

Alat musik maupun koleksi lagu yang ada disini sebagian besar merupakan donasi, baik dari masyarakat umum maupun dari pemerintah yang berasal dari berbagai provinsi, yang berkunjung kesini. Buat yang mau perform, pihak museum juga menyediakan satu set drum dan keyboard yang bisa dimainkan kapanpun kalian mau. Jika teman – teman punya koleksi lagu – lagu dalam bentuk kaset, CD atau piringan hitam, yang sudah gak terpakai, monggo di donasikan kesini. Pasti bakal dirawat dengan sebaik – baiknya oleh pihak museum, kata Mas Arie selaku pengurus Museum Musik Indonesia.

By: @dingz_ding