Lingkarmalang.com, Pura Giri Arjuna – Tempat wisata religi merupakan tempat yang seakan di sakralkan bagi pemeluknya. Dengan berwisata religi secara tidak langsung kedamaian akan merasuk ke dalam tubuh anda. Secara harfiah memang dapat dipadankan dengan refreshing, namun metodenya dengan cara mendekatkan diri ke sang maha pencipta.

Tak jarang tempat ibadah tersebut berada di tempat yang jauh dari kampung, tentunya mengacu pada kekhusyukan dalam beribadah. Hal tersebut tak lantas dapat disamaratakan dengan kawasan wingit, karena ada beberapa tempat ibadah yang dikelilingi pemandangan yang bagus. Seperti Pura Luhur Giri Arjuno yang berada di Batu, tepatnya berada di Dusun Junggo Desa Tulungrejo Kecamatan Bumiaji Kota Batu.

Pura ini dapat dikatakan sebagai rumah ibadah pemeluk agama Hindu terbesar yang dimiliki Kota Batu. Pemandangan disekelilingnya pun tak kalah elok dengan pura lain seperti Pura Ismoyo Jati yang berlatar pantai. Lantaran berada di lereng Gunung Arjuno pastilah pura ini berlatar gunung nan sejuk, sangat nyaman bila melakukan meditasi di sini.

Bagi anda yang bukan pemeluk agama Hindu yang ingin melihat-lihat sekeliling pura ini juga bisa. Tapi patut untuk diperhatikan, ini adalah rumah ibadah, jangan sampai anda tidak menghormati para peziarah yang sedang beribadah. Pun juga jika anda ingin berkunjung ke sini hendaknya melakukan izin dan memperhatikan larangan yang disampaikan penjaga pura.

Luas pura ini sendiri kurang lebih 6 hektare dengan berbagai bale yang dikhususkan untuk ritual tersendiri. Yang jelas rasanya jika anda pemburu foto akan terpuaskan jika menyempatkan berburu foto di sini. Sangat jarang anda menemukan pura yang berlatar langsung dengan ladang warga dan gunung sekaligus. Apalagi jika dapat berkunjung saat hari sepi, pastilah objek foto incaran anda akan terlihat lebih elok.