Lingkarmalang.com, Profauna Malang – Kelestarian alam merupakan wujud dari keseimbangan, tak hanya manusia saja yang diuntungkan dari lestarinya alam, makhluk lain seperti hewan dan tumbuhan pula ikut menikmati jika terwujud alam yang lestari. Sayangnya tidak semua organisasi yang berbasis non profit berfokus pada hal ini. Mungkin karena hal tersebut Profauna mulai didirikan.

Organisasi yang memiliki kepanjangan Protect of Forest and Fauna ini bertujuan untuk mewujudkan keseimbangan hayati. Seperti namanya, keseimbangan hayati tersebut nampaknya akan dilakukan dengan cara menjaga alam dan hewan. Hal ini diawali pada tahun 1994, dengan nama Konservasi Satwa Bagi Kehidupan. Saat itu mulai disusunlah program kerja yang mengacu pada visi mereka. Nampaknya perkembangan Profauna dini ini menjadi sangat nyata, betapa tidak? Organisasi yang memiliki headquarter di Jl. Candi 2 No.179 Karangbesuki Kota Malang ini sudah memiliki jaringan internasional.

Makanya tak heran dengan profesionalitas yang dimiliki mampu turut menjaga ekosistem hayati di Malang khususnya dan Indonesia pada umumnya. Karena rekam jejak perlindungan terhadap alam tidak hanya melulu di Malang saja. Mulai dari Sabang sampai Merauke pernah menjadi titik eksekusi program yang mereka luncurkan.

Untuk Malang sendiri Profauna bekerjasama dengan P-Wec untuk mengedukasi warga. Mungkin bagi Nawak-Nawak Lingkar Malang ingin belajar lebih jauh tentang keseimbangan alam dapat berkunjung ke P-Wec yang beralamatkan di Desa Petungsewu Kecamatan Dau Kabupaten Malang. Atau jika ingin mengikuti agenda-agenda bertemakan lingkungan dari Profauna dapat ke basecamp-nya. Sedikit gambaran untuk beberapa kegiatan edukasi lingkungan yang dilaksanakan terkesan seperti piknik. Namun tetap memiliki nilai positif terhadap lingkungan, kalau tidak percaya lebih baik anda bergabung menjadi supporter. Dengan menjadi supporter anda akan mendapat informasi mengenai kegiatan Profauna. Jika pun tidak ingin menjadi pendukung setidaknya anda dapat bersyukur ada yang ingin menjaga kelestarian lingkungan di kota dingin ini.