LINGKARMALANG – Malang memiliki pesona alam yang tak diragukan lagi keindahannya. Salah satu hal yang menjadikan sebab atas hal itu adalah Malang yang di kelilingi Pegunungan Putri Tidur. Pegunungan Putri Tidur membentang dari perbatasan kabupaten Malang hingga kabupaten Blitar, memanjang mulai perbatasan kabupaten Malang sampai kabupaten Pasuruan menjadikan ragam variasi gunung tersedia di Malang. Ada yang memang disajikan untuk pendaki kawakan sekelas gunung Arjuno ataupun gunung yang memiliki tingkat kesulitan rendah seperti Gunung Panderman.

Karena mimin masih baru dalam wisata hiking, Lingkar malang memilih untuk membuat review gunung yang mudah untuk pendaki pemula, yaitu Gunung Panderman. Panderman yang terkenal dengan view kota Batu ini tak kalah keren dengan gunung lain yang sangat sering disambangi warga Malang. Salah satu hal yang melatar belakangi hal tersebut adalah mudahnya akses dan track yang akan di lahap para pendaki.

Awal mula nama Panderman sebetulnya berawal dari petinggi Belanda yang bernama Van Der Man yang mengagumi keindahan gunung yang terletak di Karesidenan Malang tersebut. Secara administratif Gunung Panderman terletak di dusun Toyomerto, desa Pesanggrahan, kota Batu. Banyak wisatawan yang berkunjung ke kota wisata Batu menyempatkan diri untuk mampir ke Panderman. Sekedar untuk jalan-jalan atau menginap menikmati indahnya malam dari puncak gunung.

Meskipun tidak sampai ke puncak yang bernama Basundara, para pengunjung sangat lumrah hanya mendaki sampai camp area Latar Ombo atau sampai Watu Gede. Karena sampai camp area tersebut pemandangan yang nampak amatlah mempesona. Tersaji view kota Malang dan kota Batu di malam hari, dihiasi kerlip lampu kota laksana bintang yang terhampar di daratan.  Waktu untuk sampai di pos Latar Ombo biasanya hanya satu jam jalan kaki. Dengan track yang bisa dibilang cukup ringan dan tidak terlalu curam. Jika Nawak-Nawak Lingkar Malang ingin sampai puncak, hanya cukup menambahkan sekitar 30 menit berjalan kaki dari Latar Ombo.

Sedikit tips untuk para pendaki yang bisa mimin sampaikan, harap berhati-hati dengan cadangan makanan yang anda bawa. Karena di Gunung Panderman logistik sangat rawan di curi oleh monyet. Jadi sebelum anda memejamkan mata di dalam tenda harap mengamankan persediaan logistik yang anda bawa. Selamat mendaki dan tetap jaga kebersihan tempat wisata. (Pungkas.P)