Lingkarmalang.com, Pelatihan Jurnalistik – Salah satu cerita yang menarik untuk ditulis adalah tentang pengalaman pribadi dan saya setuju akan hal itu. Ketika para anggota baru Lingkar Malang diberi kesempatan untuk menulis materi tentang bola dan antek-anteknya atau sesuatu hal yang berbau tentang Malang justru saya mencoba untuk sedikit keluar dari zona aman tersebut. Sekilas sebelumnya saya membuka website lingkarmalang.com dan pada kotak Gen-Z dan tulisan umak saya menemui banyak tulisan hasil karya arek Malang yang sebagian besar tulisan mereka adalah seputar wisata, wisata, dan wisata. Memang tidak mengherankan karena notabenenya sendiri Malang adalah kota wisata. Ketika saya stuck dengan tema materi dan mulai berfikir bahwa tulisan wisata dan bola sudah banyak yang mengupas akhirnya saya tergerak untuk membahas mengenai salah satu agenda lingkar malang itu sendiri.

    Minggu, 26 November 2017 “Pelatihan Jurnalistik Kreatif” adalah salah satu agenda seminar dan pelatihan jurnalistik gratis yang diadakan oleh Lingkar Malang. Acara yang digelar di Rezzen Café mulai pukul 08.30 sampai sekitar pukul 12.30 tersebut cukup memikat banyak peminat mulai dari golongan pelajar tingkat SMA, mahasiswa, bahkan jobless seperti saya yang baru lulus namun belum memakai toga. Acara seperti ini merupakan pengalaman perdana saya karena memang akhir-akhir ini saya mulai menyukai dunia jurnalistik meskipun masih sangat awam. Selain acaranya gratis kita juga bisa menambah ilmu baru, teman baru, snack beserta kopinya, dan tentunya sertifikat pelatihan. Acara yang dibawakan oleh beberapa tim lingkar malang tersebut cukup menarik bagi saya. Selain membahas mengenai cara penulisan kreatif, pemanfaatan media sosial, featured, para awak lingkar malang juga membagikan ilmu tentang videografi.

    Acaranya memang berlangsung cukup lama sekitar 3 jam lebih tapi hal tersebut tidak membuat bosan dan suntuk karena kita banyak sharing dan tanya jawab. Peserta juga diberi tantangan untuk menulis artikel singkat dan membacanya didepan. Ada beberapa souvenir menarik juga bagi yang beruntung. Hal yang membuat saya tersentuh adalah bahwa ternyata masih banyak pelajar SMA yang sudah tertarik untuk terjun di dunia jurnalistik sejak dini terbukti dari jumlah kehadiran mereka di acara tersebut yang tidak tergolong sedikit. Satu lagi hadiah berharga dari lingkar malang adalah para peserta yang hadir dibuatkan grup WA “lingkar malang squad” sebagai langkah dan wadah awal bagi jurnalis pemula untuk mengembangkan ilmu jurnalistiknya bersama lingkar malang. Kita diberi hak untuk menulis artikel apapun seputar Malang dan tentunya berpeluang untuk diterbitkan di website lingkarmalang.com setelah melalui hasil uji dari para senior. Satu langkah kecil akan membimbing kita ke jalan yang lebih lebar, terima kasih lingkar malang.