LINGKARMALANG – Pertengahan bulan Juli ini Kota Malang memiliki event lintas kota yang dikemas oleh Dinas Komunikasi dan Informasi dengan nama APEKSI. Sebetulnya Asosiasi PEmerintah Kota Seluruh Indonesia ini adalah asosiasi yang sudah terjalin lama antara Kota Malang dengan kota-kota lain seluruh Indonesia. dan untuk tahun ini Kota Malang menjadi tuan rumah untuk asosiasi yang di ikuti para petinggi kota seluruh Indonesia ini. Nah salah satu rangkaian acara yang dibuat untuk memfasilitas sharing antar 98 kota yang menjadi peserta yaitu dengan menggelar kirab budaya yang terlaksana di sepanjang jalan ijen sampai jalan semeru.

Rupanya Abah Anton sang Walikota Malang tidak setengah hati untuk menyelenggarakan pawai budaya yang di maksudkan sebagai promosi budaya para anggota APEKSI. Hal itu terlihat jelas pada gegap gempita sepanjang Jalan Ijen sampai Semeru yang dihadiri warga Kota Malang. Dengan konsep sederhana namun terlihat mewah, kemasan acara tersaji menarik. Tak hanya dari kemasan acara yang kental dengan kesan anti boring juga dari pemilihan waktu yang sangat tepat membuat para pengunjung rela memadati kiri kanan jalan rute pawai. acara yang terselenggara mulai pukul 3 sore itu membuat para warga kota malang tidak pelu berpanas-panasan untuk menyaksikan kirab pertukaran budaya itu.

Lengkap sudah dengan peserta pawai yang sebagian besar berasal dari duta wisata membuat penonton terhipnotis dengan keunikan etnik yang diusung masing-masing kota. kombinasi keunikan etnik dan duta wisata yang tak perlu diragukan kemanisannya menjadi pas, para peserta pun juga ada yang berinteraksi dengan peserta luar kota lain. dengan memakai pakaian adat masing-masing menjadi pemandangan unik. Ditengah rasa kebhinekaan yang mulai luntur semoga acara sejenis dapat memberikan edukasi kepada para masyarakat malang. (Pungkas.P)