Lingkarmalang.com, Pantai Wediawu – Pantai Malang Raya merupakan hal yang sangat menarik, berbagai karakter pantai mulai dari yang berombak besar sampai kecil ada. Begitu pula rupa pantainya ada yang berdasar karang, batu kapur, pasir putih ataupun pasir hitam. Ini bukannya gunung, tapi pantai dengan pasir yang hitam. Di Jogja sudah lumrah pantai dengan pasir hitam, sebut saja pantai Parangtritis. Namun bila di Malang ada juga yang berpasir hitam yaitu pandai Wediawu.

Pantai Wediawu terletak di Dusun Balearjo, Desa Purwodadi, Kecamatan Tirtoyudo, Kabupaten Malang. Pasir yang berwarna hitam merupakan buangan abu vulkanik dari gunung Semeru, karena di samping lokasi pantai ada sungai lahar dari gunung Semeru. Maka tak jarang pula jika saat anda berwisata bertemu dengan truk-truk penambang pasir. Karena kualitas pasirnya memang sudah tak diragukan lagi, dengan kandungan magnet yang ada di dalamnya.

Pantai Wediawu biasanya dijadikan dermaga untuk menyeberang ke pantai-pantai lain seperti: Pantai Bolu-Bolu, Banyu Anjlok dan pantai-pantai lainnya. Karena memang akses paling mudah melewati laut daripada lewat jalur darat yang harus melewati jalan non aspal. Maka tak jarang meskipun banyak wisatawan mereka tidak untuk berwisata di pantai ini, melainkan hanya untuk transit dan menunggu perahu bercadik mengangkut mereka. Maka dari itu pastilah fasilitas-fasilitas yang dimiliki termasuk lengkap, mulai toilet, warung makan sampai tempat penjualan oleh-oleh sudah ada.

 

Selain fasilitas yang sudah cukup lengkap, ombak di pantai ini juga cukup tenang. Jadi bila anda membawa putra dan puti pasti akan cukup tenang. Hanya pasirnya saja yang harus diantisipasi, karena pasir hitam yang ada di sini cukup gatal bila terkena kulit. Karena jika dilihat secara mikroskopis tidak terlihat bulat dan halus seperti pasir putih. Melainkan berbentuk tidak beraturan dan sisinya cukup tajam. Makanya Nawak-Nawak Lingkar Malang wajib untuk mengantisipasinya dengan tidak bermain pasir terlalu lama.