Jika untuk bandung menurunkan surga yang berupa gundukan gunung, untuk malang mungkin tuhan telah menganugerahkan ribuan km garis pantai yang memang layak untuk dikunjungi. Entah itu memiliki akses yang mudah dan aman ataupun akses yang lumayan menantang. Nah kali ini lingkar malang mau nge-review pantai yang masuk kategori extreme, yaitu pantai Kondang Bandung. Secara administratif pantai kondang bandung terletak di Dusun Sumber Blimbing, Desa Purwodadi, Kecamatan Donomulyo, Kabupaten Malang. Pantai ini merupakan salah satu dari gugusan pantai selatan yang terkenal dengan obaknya yang ganas, karna berhadapan langsung dengan Samudra Hindia.

Salah satu alasan kami menetapkan pantai ini termasuk dalam kategori wisata extreme bukan karna ganasnya ombak yang ada di pantai tersebut. Namun karena akses jalan menuju ke pantai Kondang Bandung ini yang sangat berbahaya. Untuk menuju ke kondang ini dapat dituju melalui Desa Donomulyo, seperti halnya cara mencari di desa anda paling mudah dapat bertanya di pasar di desa tersebut untuk menuju Desa Purwodadi. Jika anda takut nyasar anda bisa bertanya ketika sudah melewati batas Kecamatan Donomulyo. Dan jika anda sudah menemukan desa Purwodadi anda bisa langsung menanyakan lokasi pantai atau lebih mudahnya anda menanyakan lokasi pantai saat anda berada di Desa Donomulyo. Karna sebetulnya lokasi pantai ini lebih dekat dengan desa Donomulyo Meskipun secara administratif masuk ke desa Purwodadi.

Setelah anda sudah menemukan lokasi pantai jangan lupa untuk menitipkan kendaraan anda ke warga sekitar. Karna anda harus berjalan melalui hutan jati untuk menuju pantai tersebut. Selain akses jalan yang memang tidak memungkinkan jika anda membawa kendaraan sampai ke bibir pantai, rawannya curanmor juga menjadi alasan kedua untuk menitipkan dan secara tidak langsung memohon izin ke warga setempat untuk mengunjungi pantai Kondang Bandung malang ini.

Setelah urusan parkir sudah beres anda tinggal menelusuri curamnya bukit yang mayoritas di tumbuhi pepohonan jati ini. Karna curamnya track yang anda lewati lingkar malang sangat menyarankan untuk memakai sepatu outdoor yang memang dirancang untuk berjalan di kondisi jalan yang bertanah dan menanjak. Kami juga tidak menyarankan untuk berkunjung ke pantai pada musim hujan. Dari track yang sudah disebutkan diatas kebayangkan panasnya jalan setapak yang akan anda lalui? Maka dari itu anda harus menyiapkan pakaian yang memang tepat untuk kondisi berpanas-panasan.

Oh iya sedikit review untuk pantai Kondang Bandung, disini anda tidak akan menemukan fasilitas yang lumrah anda temui di wana wisata lainnya. Seperti toilet, warung dan fasilitas lain, jadi masih pure pantai yang masih perawan. Di pantai ini anda dapat berenang sepuasnya, selain ombaknya yang tidak terlalu deras seperti halnya pantai malang selatan disini juga dasar pantainya berpasir jadi cukup enjoy untuk berenang. Ngomong-ngomong tentang pasir pantai di pantai kondang bandung ini pasirnya merupakan pasir besi, jadi pasti kebayang jika diterpa teriknya sinar mentari pasirnya lebih panas dari pasir putih biasanya. Selain adanya keunikan pasir besi di pantai ini juga memiliki muara sungai yang mengalir menuju lautan lepas. Hal ini merupakan keeksotisan tersendiri yang di miliki pantai Kondang Bandung.