Pantai Ngudel dan Watu Leter

UMAK – Trip kali ini bisa dibilang piknik dan reunian kecil-kecilan kali yaa.. Karna pas banget lagi weekend panjang dan temen-temen pada ngajakin holiday bareng. Udah lama nggak ke pantai, akhirnya kita memutuskan buat adventure ke pantai yang masih jarang di eksplore. Rencana awal kita mau ke pantai Kuncaran yang berlokasi di desa Sindurejo, kec.Gedangan Kab.Malang. Dari search di google pantainya terlihat indah banget, masih alami dan bersih.

Oke, dan akhirnya kami ber-enam berangkat dari Kota Malang sekitar pukul 06.40 yang dari schedule awal pada nentuin berangkat pukul 06.00 ya begitulah pada ribet buat antri beli makan untuk bekal di pantai. Perjalanan kita awali dari terminal kacuk kemudian kearah pertigaan pasar gadang nah dilampu merah kita belok kanan yaa.. kemudian ikuti aja papan petunjuk yang sudah tersedia di pinggir jalan arah ke bululawang-turen-sumbermanjing wetan. Tapi pastikan terlebih dahulu sebelum kalian ingin main ke pantai, lebih baik belajar sedikit tentang bagaimana arah perjalanan ke pantai selatan. Bisa search di google dan pastikan agar perjalanan kalian aman dan terkendali (sekedar tips supaya tidak tesesat). Karna kita ngikuti GPS yang ada dengan search rute tercepat akhirnya kita melewati yang namanya desa Gedangan. Awalnya sih okelah, kondisi jalanan normal seperti jalan aspal pada umumnya. Hampir satu jam kemudian sudah mulai masuk desa-desa yang mulai sepi. Jalan aspal pun sudah tak terlihat. Kali ini cuma ada jalan bebatuan tajam-tajam. Serasa seperti benar-benar ingin kepantai. Lama-kelamaan kanan-kiri jalan udah hutan-hutan, sepi banget, dan sebelumnya sempat kita ngelewatin yang namanya perikanan ikan laut, ditambah aromanya yang amis membuat seperti susasana makin dekat saja dengan pantai. Pas noleh kebelakang ternyata sudah tidak ada satupun orang atau sepeda motor yang lewat. Serasa nih jalan kayak milik kita. Karna panjangnya jalan bebatuan membuat temen-temen pada ngeluh tangannya kram. Dalam hati cuma bilang apa nggak kesasar?? bener nggak sih jalannya?? Kayaknya selama ini kepantai nggak pernah ngelewatin jalur gini. Akhirnya dari sekian lama, barulah di kejauhan terlihat pintu masuk ke pantai. Kita sudah di perbatasan jalan bebatuan dan aspal. Lega banget rasanya. Dan barulah sadar ternyata kita sampai di pertigaan sekitar depan pantai bajul mati, itu sudah termasuk dengan JLS. Sekitar 2 jam lah perjalanan ke pantai kali ini. Bener banget rute tercepat. Tapi ya begitulah rute tercepat jalan pun juga ekstrim. Awal berangkat sebenarnya kita udah mau lewat jalan raya besar (umum)nya ke arah Sumbermanjing Wetan karna search di GPS membuat kita puter balik dan mengikuti rute tercepat. Tak jadi masalah, yang pasti kita masih sampai tujuan meskipun dengan jalur yang bebeda.

Dari pertigaan, kita pun mengambil ke arah kanan untuk menuju pantai Ngudel. Karna pantai Kuncaran dekat dengan Pantai Ngudel, kita memutuskan untuk bertanya kepada petugas yang berjaga di pintu masuk pantai Ngudel. Katanya mereka, pantai Kuncaran berada di awal jalan masuk sebelum ke pantai Ngudel. Selain itu disana belum ada yang menjaga dan tempat parkir sepeda motor juga belum ada. Yah akhirnya kita memutuskan buat ke pantai Ngudel saja. Harga tiket masuknya hanya 60rb untuk 6 orang dan parkir 3 sepeda motor, itupun dengan rincian :

1 Orang = Rp. 7000 ,-

1 Parkir Sepeda motor =  Rp. 6000,-

Masih harga wajarlah buat main ke pantai. Nggak akan buat kantong kering. Karena hari ini weekend, jadi banyak pengunjung yang main ke pantai ini, ditambah ombaknya yang lagi besar banget jadi nggak bisa buat main-main di pinggir pantai. Pantainya masih bersih, enak banget buat kalian yang ingin berlibur nyari udara segar. Cocok juga buat kalian yang suka nge-camp di pinggir-pinggir pantai. Karna terik matahari serasa satu jengkal di atas kepala dan ombak besar belum juga surut, akhirnya kita memutuskan buat pindah pantai.

Kita mencoba ke Pantai Watu Leter. Tidak jauh dari arah pantai Ngudel. Mungkin kalian beranggapan untuk kepantai Watu Leter harus berjalan kaki jauh. Akan tetapi, tidak perlu bersusah payah. Kalian bisa masuk dari arah Pantai Goa Cina yang harga masuknya kita ber-enam Cuma 50 ribu. Itupun belum termasuk parkir sepeda motor yaa. Untuk parkir, seharga 10 ribu untuk 1 sepeda motor. Lumayan mahal mungkin ya kalau dibanding pantai sebelumnya. Dari tempat parkir kita harus jalan kaki kurang lebih 150meter. View disana indah banget. Di sebelah barat pantai Watu Leter seperti sudah laut lepas. Pasirnya masih bersih enak buat bersantai-santai. Pantai yang sebelah timur ombaknya tidak terlalu besar jadi cocok banget buat main-main air ataupun sekedar basah-basahan di pinggir pantai. Tapi tetap harus SAFETY FIRST yaa.. Meskipun tak sesuai schedule awal tidak masalah, karna yang utama adalah lokasi pantai yang aman dan bisa dijangkau. Buat kalian yang suka main ke pantai, jangan lupa amankan sampah kalian, jangan mengotori alam. Pastinya buang sampah kalian di tempatnya.

Save pantai Selatan. Sumbermanjing Wetan Kab.Malang.

Kiriman Dari :  Afifah zaida <[email protected]>

Instagram : @afifahzaida