Setelah mendapat info dari teman Kami, Sabtu, 22 Juli 2017 Kami memutuskan untuk mencari lokasi salah satu pantai di selatan Kabupaten Malang tersebut.

Perjalanan Kami mulai dari Sawojajar (KedungKandang – Kota Malang) dengan bersepeda motor pukul 09.00 WIB.

  • Menuju Jalur Lintas Selatan bisa melalui Malang – Bululawang – Turen – Sumbermanjing Wetan – Sitiarjo – Pantai Sendang Biru – Pantai Goa Cina – Pantai Watu Leter – Pantai Bajul Mati – Pantai Jolangkung – Pantai Modangan – Pantai Parang Dowo / Paranglot – Pantai Batu Bengkung – Pantai Ngudel.

Atau sebaliknya bisa jugamelalui Malang – Buring – Bululawang – Gondanglegi – Bantur – Pantai Kondang Merak, Pantai Balekambang – Pantai Ngudel. Kami memilih rute terakhir ini untuk berangkat menuju tujuan kami. Dan Kami memilih rute pertama untuk perjalanan pulang.

Menempuh perjalanan sekitar 2 (dua) jam lebih karena terjadi kemacetan yang mayoritas disebabkan banyaknya kendaraan bermuatan berat sedang kesulitan mengatur haluan untuk melintasi jalan tikungan menanjak dan menurun.

Sekitar pukul 11.00 wib Kami sudah melintasi plakat penunjuk jalan menuju pantai selatan Kabupaten Malang mulai dari Pantai Kondang Merak sampai Pantai Sendang Biru kemudian tak jauh dari plakat penunjuk jaln tersebut, Kami belok ke kiri melintasi Jalur Lintas Selatan.

Sekitar pukul 12.00 Kami sudah mencapai kompleks Pantai Ngudel. Sekitar 500 meter daru gerbang kompleks Pantai Ngudel, tepat di kiri jalan sudah terlihat lokasi yang akan Kami tuju.

Pantai Kuncaran dan Pantai Klatakan. Terletak di Desa Sindurejo, Kecamatan gedangan, Kabupaten Malang. Pantai Kuncaran merupakan pantai yang perlu melintasi Bukit Asmara untuk mencapainya, Tidak ada tiket masuk, cukup membayar Rp 5000,00 untuk parkir per motornya, untuk mobil belum bisa Kami dapatkan infonya. Pantai Klatakan terletak 100 meter ke selatan dari Pantai Kuncaran.

Sama seperti Pantai Kuncaran, tidak ada tiket masuk dan cukup Rp 5.000,00 saja untuk parkir per motornya dan untuk menuju ke Pantai Klatakan masih belum ada akses untuk bisa dilalui mobil.

Kedua pantai tersebut sama-sama masih dikelola oleh warga sekitar, hanya tersedia jasa parkir saja. Untuk warung maupun toilet masih belum dikelola lebih lanjut.

Kedua destinasi pantai yang masih sangat private ini sangat ingin Kami bagikan kepada teman-teman melalui media Lingkar Malang. Semoga informasi ini bermanfaat bagi pembaca.

Cerita Dari : Novita Ratna Insani (@_viviofficial)

                     Edo Yudhistira Permata Putra (@real_edo)