Lingkarmalang.com, Pantai Balekambang –  Pantai di Kabupaten Malang memang tak ada habisnya untuk melahirkan beberapa pantai baru. Dan namanya yang nyleneh ini membuat daya tarik tersendiri. Salah satu pantai yang baru dan memiliki nama nyleneh yaitu Pantai Jembatan Panjang. Pantai ini terletak di Desa Srigonco, Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang.

Akses menuju pantai ini jika anda melewati Bantur lurus aja ikuti jalan menuju Pantai Balekambang sebelum masuk gerbang Pantai Balekambang jika belok kiri menuju ke arah Jalur Lintas Selatan anda belok kanan. Ikuti jalur offroad menuju Pantai Kondang Merak, nanti ada pertigaan jika berbelok ke kiri bertulis jalan menuju Pantai Jembatan Panjang. Ikuti jalur tersebut sampai pintu gerbang Pantai Jembatan Panjang.

 

Nama pantai ini sebetulnya tak berkorelasi dengan kondisi pantai. Memang di pantai ini ada jembatan, namun jembatan tersebut putus. Beberapa warga menjelaskan bahwa jembatan tersebut sudah beberapa kali dibangun tapi acap kali rusak lagi. Konon katanya penghuni pulau tersebut tidak menginginkan adanya jembatan tersebut. Karena akan merusak pulau karang yang bernama Pulau Kumala tersebut.

Terlepas dari hal itu pantai ini masih asri, dengan hijaunya hutan yang masih belum terjamah tangan usil manusia. Mungkin karena jalannya yang masih offroad tersebut membuat para pengunjung enggan untuk datang menjejali tempat wisata tersebut. Hal ini berdampak pada kondisi pantai yang masih sepi dan cocok bagi anda para pencinta ketenangan.

Dapat dijadikan refreshing tersendiri bagi para penduduk kota yang jarang-jarang mendapat tempat untuk sendiri. Cukup sediakan tenda untuk bermalam dan alat memasak beserta logistiknya. Karena d isini sangat jarang ada warung yang berjualan. Hal ini dapat dijadikan mafhum karena jalur yang rusak dan tak adanya penduduk yang memiliki rumah d idekat pantai. Menjadi kesulitan tersendiri jika sang pemilik warung harus bolak-balik atau membuka warung selama 24 jam nonstop.

Jangan tanggapi serius beberapa kesulitan tersebut, karena anda pasti akan mendapatkan pengalaman seru di pantai yang masih terbilang perawan ini. Banyak pula tempat berfoto yang dijamin instagramable. Seperti di jembatan yang putus ini, akan menjadi ciri khas jika anda berfoto di depan jembatan yang putus tersebut. Tak cukup sampai disitu, jika waktu surut anda akan mendapat spot foto dengan latar karang berlumut yang sangat sulit di temukan di pantai lain.