Lembah kera merupakan sebuah tebing yang terletak di dusun dempok desa gampingan kecamatan pagak kabupaten malang. tebing ini merupakan salah satu tebing yang menjadi jujukan bagi pecandu olah raga panjat tebing di jawa timur. Selain karakter tebingnya yang memiliki tingkat kesulitan yang menengah, pilihan jalur pemanjatannya juga banyak. Dengan beberapa keterangan kesulitan sampai pengaman tebing, ini dapat menjadi panduan bagi para calon pemanjat. Menurut beberapa referensi yang ada, di lembah kera ini dapat di gunakan untuk sport climbing dan juga adventure climbing. Jika anda bukan penghobi panjat tebing lembah kera ini dapat di jadikan tempat latian Singgle Rope Technique (SRT). Seperti ascending technique dan descending technique. Karena sangking pasnya buat latian, tebing lembah kera ini juga beberapa kali menjadi spot latian basarnas lho.

lembhakera malang

Selain basarnas tebing ini juga menjadi langganan spot diklat organisasi kepencinta alaman baik dari kampus, SMA atau umum. Tak jarang jika anda mengunjungi lembah kera pada bulan agustus sampai november anda akan menemukan beberapa organisasi yang sedang mendiklat anggota barunya. Karna menurut mereka di tebing lembah kera ini sangat pas untuk memberikan pelajaran kepada juniornya. Mulai dari pembelajaran panjat tebing, rappelling dengan tali tunggal atau berkemah. Karna situasi di lembah kera ini sangat ideal untuk mempersiapkan junior-junior mereka.

Disamping itu tebing lembah kera malang ini memiliki spot untuk camping yang menurut saya paling ideal. Di tebing lembah kera ini anda bisa camping tanpa merasakan jatuhnya air hujan meskipun pada cuaca ekstrim sekalipun. Karna di sini ada spot camping yang terpayungi oleh tebing yang menjorok ke dalam. Kebayangkan gimana serunya, seperti halnya camping di dalam gua. Anda tinggal datang bawa peralatan camping kecuali tenda dan ber-camping ria seperti halnya manusia purba yang tidur berpayung batu gua.

Sumber Instagram (@attigrafo25)
Sumber Instagram (@attigrafo25)

Tidak hanya itu, meskipun lebih dekat dengan pemukiman warga. lembah kera juga masih termasuk asri dengan rimbunnya pepohonan dan juga masih banyaknya hewan liar penghuni tebing ini. selain kera juga masih ada beberapa burung hantu yang beraktifitas di malam hari yang dapat menambah kesan camping di alam liar.

Akomodasi untuk menuju tebing lembah kera tidaklah sulit hanya beberapa kilo meter saja dari kota kepanjen. Jika anda tidak membawa kendaraan bisa naik bus atau kereta turun di kepanjen dan meneruskan perjalanan anda dengan ojek atau angkot. Saya sangat merekomendasikan ojek saja karna jika anda menaiki angkot anda akan di turunkan di pertigaan gampingan dan harus mencari moda transportasi lain. Selain mudahnya akomodasi, objek wisata lembah kera juga memiliki sumber air yang sangat memadai untuk memfasilitasi kegiatan alam bebas anda. Sekian ulasan saya tentang tebing lembah kera, selamat berkegiatan di alam bebas.