Daster Malngan / Doc. www.nasirullahsitam.com

LINGKARMALANG – Apa yang ada di benak sobat Lingkar Malang ketika bicara oleh-oleh? Saya yakin, tidak jauh dari keripik tempe, keripik buah, sari apel, atau strudel salah satu merk yang sekarang lagi nge hits. Tapi taukah sobat Lingkar Malang kalau sebenarnya ada satu lagi oleh-oleh dari Malang yang walaupun ga bisa dimakan tapi bisa bikin kaum hawa terutama ibu-ibu rumah tangga bahagia.

Walaupun penelitian tim riset Lingkar Malang bisa dikatakan belum berhasil mencari asal usul dari bagaimana munculnya daster Malang menjadi ikon oleh-oleh. Namun tidak bisa dipungkiri, tidak jarang wisatawan yang berkunjung ke Kota Malang mencari outlet daster Malang untuk dibawa ke kota asal sebagai oleh-oleh.

Bicara tentang keunikan, memang ada  beberapa karateristik yang membedakan antara daster Malang dengan daster dari daerah lain.  Dilihat dari pola dan warna, daster Malang banyak memilih warna cerah dan kebanyakan berpola polkadot kecil. Nah  yang paling membedakan dari daster malang sebenarnya adalah aplikasi bordir. Bordir menjadi ornamen wajib dalam membuat daster Malang, mulai dari motif bunga hingga bordir berpola abstrak pasti menghiasi daster malangan dengan beragam ukuran.

1 Daster Malngan / Doc. www.produsendaster.com

Walaupun outlet daster malang tidak sebanyak toko oleh-oleh keripik tempe maupun sari apel. Namun bisa dikatakan kini sudah cukup banyak outlet-outlet baru yang tumbuh seiring dengan banyaknya wisatawan yang mampir ke Malang. Untuk hargapun beragam mulai belasan ribu hingga ratusan ribu, tergantung kulaitas kain yang digunakan dan tingkat kesulitan aplikasi bordir yang menempel di daster.

Jadi sobat lingkar malang yang berkunjung ke Kota Malang jangan hanya belanja oleh-oleh makanan aja, tapi cobain juga berkunjung ke salah satu Outlet daster malangan dijamin ga cepet habis kayak makanan dan bisa dipakai sehari-hari.    (KartikoTiko)