Pagi ini Lingkar Malang mendapat kesempatan buat ngopi manis di Cafe Sawah. Cafe Sawah sendiri terletak di desa Pujon Kidul kecamatan Pujon kabupaten Malang. Desa Pujon Kidul sendiri merupakan desa wisata yang di prakarsai oleh salah satu program bank ber-plat merah. Sebetulnya Cafe Sawah ini merupakan salah satu destinasi yang di lahirkan dari program tersebut dan swadaya dari masyarakat juga tentunya. Akses menuju cafe yang sudah tersohor namanya di media sosial ini sangat mudah. Jika anda dari kota Batu di daerah Pujon anda pasti menemui patung sapi di kiri jalan yang biasanya menjadi penanda untuk jalan menuju Coban Rondo. Akses menuju cafe ini sangat dekat dengan patung sapi perah tersebut. anda bisa bertanya kepada warga pasti banyak yang tahu, apalagi tanya tukang ojek di daerah sana.

Cafe Sawah ini menurut saya sangat instagramable sehingga meskipun masih setengah jadi cafe ini sudah ramai pengunjung. Bukan hanya mereka yang ingin duduk-duduk di cafe saja yang meramaikan area ini. Tapi juga mereka sang photo hunter yang berburu foto untuk sosial media ataupun penghobi fotografipun tidak mau kalah. Di sini anda tidak hanya di sajikan meja indoor layaknya di warung kopi yang biasa anda temui. Namun anda akan menemui konsep kafe yang sangat berbeda.Di kafe ini ada dua tempat duduk, yaitu konsep lesehan yang lebih mirip seperti pendopo yang memiliki luas sekitar 10×10 dan konsep outdoor  dengan meja dan kursi yang di kelilingi rumput dan bunga yang tertata rapi. Entah memang pihak menejemen kafe membuat konsep seperti ini atau ada konsep tambahan yang masih belum terbuat karna masih dalam tahap pembangunan.

Oh iya sekedar informasi jika hujan sangat tidak di rekomendasikan kesini. Selain akses jalannya yang masih berbatu dan tidak beraspal, kafe ini juga sangat tidak asyik jika anda menikmati pemandangan sawah dan gunung di tengah guyuran hujan. Selain lokasinya pasti akan di warnai kabut yang tebal, di area yang berkonsep outdoor juga pasti akan berlumpur. Karna masih ada banyak area yang belum tertanami. Terlepas dari beberapa hal tersebut fasilitas yang dimiliki kafe ini terbilang cukup lengkap. Mulai dari kamar mandi, musholla dan tempat parkirnya pun sudah tertata rapi dengan memanfaatkan sumberdaya manusia dari warga sekitar. jika anda berminat untuk mengunjungi kafe ini hanya diwajibkan membayar 2000 untuk parkir, untuk tiket masuknya sendiri saat ini masih gratis. ( Pungkas Nurohman )