Lingkarmalang.com, Pantai Batu Bengkung – Puluhan pantai mulai terbuka untuk umum di tepian Jalur Lintas Selatan. Sebuah dilema memang untuk membuat pantai-pantai ini ramai, para warga yang biasanya tergabung dalam kelompok sadar wisata akan kebagian berkah dari ramainya pantai. Di sisi lain dengan ramainya pantai pasti akan membawa dampak buruk terhadap ekosistem yang ada di pantai tersebut.

Salah satu pantai yang terbuka untuk umum akhir-akhir ini adalah Pantai Kangen. Pantai yang terletak tepat di samping jalan beraspal mulus ini mulai ada sejak adanya proyek Jalur Lintas Selatan. Entah kenapa ada kata kangen yang tersemat di nama pantai tersebut. Mungkin agar yang berkunjung akan merasa kangen dengan pantai ini, atau ada cerita sejarah lain yang menjadi latar belakang nama pantai tersebut.

Lokasi pantai ini tidak jauh dari Pantai Batu Bengkung jarak pantai ini ke Batu Bengkung kira-kira hanya 200 meter saja. Setelah itu ada pintu masuk dengan nama petunjuk terpampang menuju Pantai Kangen. Nantinya sebelum masuk ke pantai di depan ada patung wanita berbaju khas kerajaan berwarna hijau. Mungkin ini adalah patung Nyi Roro Kidul yang menjadi dipercaya masyarakat pesisir pulau jawa sebagai ratu penguasa pantai selatan. Patung ini menjadi ciri khusus pantai kangen yang tidak mungkin ditemukan di pantai lain.

Di pantai ini pengunjung dapat melihat deburan ombak yang terbilang cukup besar, karena pantai ini tidak berkarang maka tak heran ombak besar kerap terlihat sampai di pinggir pantai. Di tambah lagi dengan pantai yang bermodel cekung membuat pantai ini sangat tidak aman untuk berenang. Karena karakter ombak yang besar dan kondisinya cekung membuat dapat menyeret pengunjung jika nekat untuk berenang. Hanya itu saja yang perlu digaris bawahi, untuk kantin dan tempat camping sudah tersedia. Namun masih belum ada yang 24 jam nonstop. Mungkin hanya dapat membuat masakan sendiri dan membawa logistik sendiri jika berminat untuk camping.