LINGKARMALANG – Salah satu faktor yang memperkaya rasa dalam memperoleh kenikmatan dalam makanan adalah nuansa dan suasana. Tak bisa dipungkiri suasana yang mendukung dan nyaman pasti akan menambah nikmatnya  makanan yang dihidangkan. Begitupun sebaliknya senikmat apapapun makananan yang disajikan namun bila suasana yang berada  dalam rumah makan tersebut tidak mendukung maka akan menurunkan mood pelanggan yang mengunjungi rumah makan tersebut.

Di Kota Malang ada salah satu rumah makan yang mengusung konsep yang sangat unik dan berbeda. Konsep yang  diusung adalah museum, di restoran ini bisa  kita temui berbagai barang -barang  lawas yang terpajang di dinding. Beberapa contohnya adalah  seperti berbagai poster-poster jaman lawas,  koleksi jam weker yang antik dan juga foto-foto Malang pada tempo dulu.

Selain berkonsep museum, resto inggil ini juga kental dengan nuansa jawanya. Saat pelanggan masuk ke dalam rumah  makan, pelanggan akan langsung disambut  oleh berbagai karakter topeng  Malangan yang dipajang  setengah lingkaran. Selain itu Pelanggan juga bisa menikmati aneka macam tokoh wayang yang menghiasi dinding rumah makan.

Resto Inggil yang beralamat  di Jalan Gajah  Mada  ini juga terbukti berupaya mengangkat budaya jawa sebagai daya tariknya. Secara regular di  resto Inggil juga menampilkan berbagai macam kesenian jawa.mulai dari seni keroncong, campursari hingga seni sinden tak luput sering  mewarnai panggung di ujung resto ini.

Soal menu makanan, resto ini ahli dalam hal mengolah makanan bernuansa nusantara terutama jawa. Rawon, Sate hingga beragam olahan ikan bisa dinikmati disini. Bicara tentang harga, harga yang ditawarkan di resto ini juga cukup terjangkau apalagi bila kita bandingkan dengan segala pernak-pernik yang  bisa mengenyangkan mata.

Dulunya di samping resto ini juga terdapat museum Malang Tempo Dulu yang masih satu management dengan resto Inggil. Namun entah mengapa, Museum yang penuh edukasi tentang  Malang mulai jaman purba hingga masa kolonial ini mendadak hilang.pada akhir 2016.

Penasaran? Silahkan Nawak Ngalam mampir aja langsung di  Jalan Gajah Mada  no 4 dekat dengan gedung balaikota Malang. (Prasetyo.K)