perjalananku00.blogspot.co.id/

Malang memiliki sejuta tempat indah nan menarik. Selain itu di balik keindahan wisata alamnya ada hal mistis yang harus diakui keberadaannya. Seperti layaknya keindahan yang tak luput dari mitos yang memang diyakini oleh warga sekitar wisata tersebut. Salah satu tempat yang memiliki keindahan sekaligus sisi spiritual yaitu Gunung Kombang. Gunung yang berbentuk karang tinggi seperti pulau ini memiliki keindahan yang membuat kita terkagum-kagum. Tapi kita kali ini akan membahas sisi spiritual yang terdapat di gunung yang berada tidak jauh dengan Pantai Ngliyep ini.

Warga sekitar banyak yang meyakini bahwa Gunung Kombang merupakan saksi bisu perubahan Nyi Roro Kidul yang menjadi ratu pantai selatan, yang semula berasal dari ratu di alam nyata yaitu ratu kerajaan pajajaran berubah menjadi ratu jin di alam gaib. Meskipun secara ilmiah tidak terbukti, namun mitos ini sudah turun temurun dan sudah di yakini masyarakat sekitar Kecamatan Donomulyo. Dari cerita tersebut banyak yang menduga jika dapat meminta berkah dari Nyi Roro Kidul dan bertapa di salah satu rumah yang ada di Gunung Kombang. Oh iya sedikit cerita untuk rumah di Gunung Kombang ini sudah terkenal ke seluruh dunia. Terbukti pada cerita Mr. Welter, pria kebangsaan Belanda yang pada masa penjajahan menjadi kontrolir di daerah Kepanjen ini bercerita banyak tentang rumah yang ada di Gunung Kombang ini. Dia juga bercerita bahwa di sini juga ada foto wanita memakai baju khas jawa dan hal tersebut dapat anda lihat di rumah ini.

Terlepas dari mitos atau fakta tentang Nyi Roro Kidul, kita dapat melihat beberapa upacara sesembahan yang di persembahkan untuknya. Upacara larung sesaji dilakukan pada bulan mulud menurut penanggalan jawa atau bulan maulud pada penanggalan islam (hijriah). Upacara yang dilakukan oleh warga pesisir pantai selatan ini merupakan wisata budaya yang dapat anda nikmati dan hal tersebut merupakan momen langka yang hanya di lakukan setahun sekali.