Lingkarmalang.com, Gunung Buthak – Malang menjadi tempat yang bertaburan puncak, berbagai gunung yang eksotik berjajar rapi mengelilingi kota dingin tersebut. Orang Malang lumrah menyebut gunung yang mengelilingi kota tersebut dengan nama Pegunungan Putri Tidur. Karena memang bentuknya menyerupai putri yang sedang tidur dan berbantal tangan. Salah satu gunung yang menjadi anggota dari pegunungan putri tidur yaitu gunung Butak.

Meskipun bernama Butak bukannya gunung ini menjadi kepala dalam formasi putri tidur, melainkan menjadi tangan dalam formasi tersebut. Nama butak sendiri diambil dari vegetasi pada gunung ini, vegetasi savana mendominasi pada gunung yang terletak di perbatasan Malang dan Blitar ini. Jadi bila kita mendaki sampai puncak akan terlihat rumput-rumputnya saja sehingga warga setempat menamakan gunung ini dengan sebutan butak.


Gunung yang memiliki ketinggian 2.868 meter diatas permukaan laut ini menjadi gunung tertinggi diantara kedua gunung yang bersebelahan. Kedua gunung yang saya maksud adalah gunung Panderman dan Kawi, maka tak ayal bila pemandangan yang dapat dilihat sewaktu mencapai puncak akan lebih luas tanpa tertutup puncak lainnya. Namun tetap harus takluk kepada kebijakan alam yang acap kali menutup pemandangan dengfan tirai kabutnya.


Untuk Nawak-Nawak Lingkar Malang yang ingin mendaki ke puncak Gunung Butak dapat melalui 4 jalur pendakian. Keempat jalur pendakian tersebut yaitu:
• Sirah Kencong, Blitar
• Wonosari, Gunung Kawi
• Dusun Princi, Kecamatan Dau
• Jalur Pendakian Panderman, Batu
Keempat jalur tersebut sudah sangat lumrah dilewati pendaki, namun tetap harus berhati-hati. Apalagi bila anda pendaki pemula, wajib hukumnya untuk mengajak rekan atau pemandu warga sekitar untuk menemani. Karena meskipun melewat beberapa pos, gunung butak merupakan gunung yang ekstrim. Dengan persiapan dan pengetahuan yang kurang matang bisa saja anda akan nyasar dan membahayakan diri anda. Butuh waktu satu hari satu malam untuk menuju puncak Butak. Apakah anda sudah siap untuk menyaksikan kota batu dari ketinggian 2.868 Mdpl?