Air terjun bernama Coban Cinde ini terletak di Desa Benjor, Kecamatan Tumpang, Kabupaten Malang. Coban Cinde juga terkenal dengan nama Coban Jodo. Alasan mengapa air terjun ini memiliki 2 nama karena akses jalan menuju air terjun ini berada dari 2 tempat, yaitu Jabung dan Tumpang. Masyarakat lokal dari daerah Jabung menamakannya Coban Jodo, sedangkan masyarakat dari daerah Tumpang menamakanya Coban Cinde.

Asal nama Coban Cinde sendiri menurut masyarakat dari Desa Benjor karena di area air terjun tersebut terdapat sarang burung Cinde. Sarang burung ini terlihat hanya pada musim kemarau, dan letaknya sendiri menurut masyarakat lokal yaitu “bila dilihat dari bawah keliatan tinggi, tapi bila dilihat dari atas keliatan rendah”. Maksud dari pernyataan itu adalah sarang burung tersebut susah untuk diraih atau diambil karena letaknya yang cukup membingungkan.

Akses lokasi ke Coban Cinde / Coban Jodo ini terbilang masih lawas, karena melewati jalur makadam (jalan berbatu). Di lokasi Coban Cinde di Desa Benjor terdapat tempat camp dan motorcross yang bisa digunakan. Dari parkiran menuju ke Coban Cinde membutuhkan tracking sekitar ±2 KM. Tracking awal dimulai dari tempat parkiran jalannya menurun dan lumayan licin bila musim hujan. Terdapat beberapa bekas longsor, sehingga berhati-hatilah dalam melangkah.. Setelah turun sampai dibawah kita akan bertemu hulu sungai, selanjutnya kita akan menyusuri sungai tersebut hingga sampai di Coban Cinde. Dalam perjalanan menuju Coban Cinde terdapat beberapa air terjun lainnya yang cukup bagus, dan belum ada namanya. Suasana yang begitu kalem dan fresh membuat kita tidak merasakan lelah meskipun tracking cukup jauh.

Setelah tracking yang memakan waktu hampir ±45 menit, kita akan menemukan Coban Cinde yang sangat istimewa, saat terlihat dari jauh pun sangat bagus. Di sekitar area Coban Cinde terdapat tempat untuk beristirahat, adapun WC /KM, namun masih sangat sederhana karena hanya untuk buang air kecil. Bagian ekstra dari Coban Cinde adalah di sebelah air terjun ini ternyata terdapat air terjun lain yang cukup deras. Air terjun ini bernama Coban Cokro. Coban Cokro sendiri cukup deras sehingga  terasa sangat dingin, alirannya juga cukup deras, jadi tetaplah berhati-hati. Pesona alam di Coban Cinde ini sangat memuaskan hati, dan dapat melepaskan penat kawan, jadi jangan ragu untuk kesini.. Keep Adventure, Stay Safe, and Have Fun..

Kiriman dari ​IG : @arifrizky21