Lingkarmalang.com, Pantai Jonggring Salaka – Jika membicarakan wisata Malang, bisa dibilang tidak ada habis-habisnya, apalagi jika wisata di Selatan Kota Malang, ada ratusan pantai yang belum tereksplor dan belum terjamah oleh banyak orang pastinya. Salah satu pantai yang unik di Kabupaten Malang adalah Pantai Jonggring. Pantai Jonggring terletak tidak jauh dari Kabupaten Malang, Jawa Timur, untuk dapat tiba di tempat ini anda bisa menggunakan kendaraan umum roda dua dengan jarak 69 Km dari kota Malang dan waktu tempuh sekitar 2 jam. Sayangnya, rute menuju pantai ini masih banyak jalan yang belum di aspal ditambah lagi medan jalan yang terjal, jadi hati-hati saja ya!

Keunikan Pantai Jonggring

Pantai Jonggring mempunyai berbagai keunikan, salah satunya adalah pasir yang berwarna hitam, jika anda belain itu, jika memang sudah merasa bosan dengan pasir yang berwarna putih, anda bisa mengunjungi Pantai Jonggring untuk menikmati keindahan alam dengan pasir berwarna hitam namun tentunya tetap lembut sehingga membuat anda nyaman ketika bermain pasir. Selain itu, pantai ini juga mempunyai fenomen alam yang langka bahkan hanya ada satu di Indonesia, Pantai Jonggring mempunyai batu karang besar yang dapat mengeluarkan semburan air ke atas hingga 10 meter lho! dua hal tersebut lah yang membuat meskipun pantai ini cukup jauh dan terpencil, namun menjadi daya tarik yang luar biasa bagi wisatawan yang datang.  

Pantai ini disebut Jonggring karena berasal dari nama kahyangan yang bernama Jonggring Soloko dalam cerita wayang. Fasilitas umum di tempat ini bisa dibilang cukup mempuni, anda tidak akan kesusahan mencari kamar mandi dan warung-warung makan lainnya. Tidak banyak orang yang mengetahui pantai ini, oleh karena itu pantai ini bisa dibilang lebih sepi dibandingkan pantai-pantai lainnya, namun hal tersebut justru bisa menjadi keuntungan karena anda bisa lebih menikmati pemandangan tanpa adanya gangguan dari wisatawan lain. Kawasan pantai ini juga sangat cocok bagi anda yang memang akan merencanakan camp bersama teman-teman, pasangan, keluarga, rombongan, dan lain-lain. Jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan ketika berkunjung ke Pantai Jonggring ya!