Splendid Ikon Wisata Kota Malang

LINGKARMALANG – Bagi para traveler dan backpacker yang sering berpelesir ke luar negeri kata Lonely planet bisa dikatakan tak asing lagi. Buku yang kini sudah menjadi aplikasi internet bernama Lonelyplanet.com ini bak kitab wajib yang harus di tenteng para traveler. Sejoli travel writer pemerkarsa Lonely Planet Publications ini memang cukup lengkap mengulas berbagai destinasi di seluruh dunia, termasuk di dalamnya Indonesia dan lebih spesifik lagi Kota Malang.

Berbagai ikon Kota Malang banyak diulas disini seperti klenteng Eng An Kiong, Jalan besar Ijen, Hotel Tugu, Balai Kota Malang. Namun dari berbagai ulasan tersebut diatas ada yang cukup menarik perhatian. Yaitu penulis mengulas pasar burung splendid sebagai salah-satu destinasi wisata yang perlu dikunjungi.

Pasar Burung

Pasar yang didirikan pada sekitar tahun 1960 an ini memang cukup unik. Pasar Splendid terdiri dari tiga bagian seusai dengan jenis yang dijual. Pada bagian depan adalah pasar bunga, di bagian tengah menjual burung dan berbagai macam pakan hewan sedangkan di bagian jalan yang agak turun ke bawah menjual banyak jenis ikan hias. Selain itu di beberapa toko juga menjual jenis-jenis primata yang unik dan menarik untuk dibeli.

Pasar Ikan Hias

Harga yang ditawarkan pun beragam di setiap bagian pasar, di pasar bunga kita bisa menemukan bibit bunga seharga ribuan hingga tanaman sejenis nephentes yang seharga ratusan ribu. Di pasar burung pun seperti itu pula, dari burung emprit warna-warni seharga tiga ribu hingga jenis burung yang dibandrol jutaan juga tersedia disini. Berbagai bianatang yang imut dan lucu seperti sugar glider, kelinci, kucing angora dan berbagai jenis ular juga bisa diidapatkan disini.

Karena keragaman, dan keunikan dagangan yang memenuhi kios-kios di pasar inilah yang mungkin menginspirasi  tim Lonely Planet memasukkan pasar Splendid sebagai salah satu destinasi wisata. Jadi jangan heran ya bila suatu saat nawak ngalam ketemu sama bule di pasar ini. (KartikoTiko)