LINGKARMALANG – Mungkin banyak diantara kita yang belum pernah mendengar mengenai salah satu tempat wisata eksotis di kabupaten Malang yaitu Candi Jawar Malang.  Akan tetapi candi ini merupakan salah satu tempat bersejarah yang memiliki keindahan tersendiri dan merupakan salah satu tempat wisata yang cukup eksotis untuk ditinggalkan.

candi jawar di malang templet 1

Beberapa poin penting dari candi ini sendiri adalah nilai sejarah dan juga estetikanya yang sangat tinggi. Nah, bagi sobat sekalian yang penasaran dengan apa saja keunikan candi ini serta sejarah singkatnya maka berikut ini akan kami bahas beberapa poin penting mengenai Candi Jawar untuk sobat sekalian, selamat membaca!

Candi Jawar Malang, tempat eksotis bersejarah yang indah

Candi Jawar Malang sendiri terletak di Kabupaten Malang, tepatnya di kecamatan Ampel Gading dan Desa Mulyoasri. Candi Jawar merupakans ebuah candi peninggalan Hindu Budha yang membuat candi ini memiliki fitur religius yang cukup kental terutama dari aspek arsitekturnya.

Dari aspek arsitekturnya sendiri candi Jawar terpendam di dalam tanah dan memiliki bagian batur yang berbentuk bujur sangkar. Untuk ukuran dari baturnya sendiri memiliki tinggi 60 cm dengan besar 6×6 meter.

candi jawar di malang

Di lantai batur sendiri terdapat lubang yang berjumlah 4 buah di bagian tengah dengan tujuan untuk tempat tiang. Selain itu kaki dari candi jawar memiliki bentuk segi empat dengan bentuk setengah lingkaran yang unik.

Tidak lupa juga ada banyak ukiran dan juga relief yang melukiskan pilaster, teratai dan juga tapak dara. Selain itu bangunan candi Jawar juga dihiasi 10 pilaster dengan arstiektur selang seling serta teratai dan juga tapak dara.

Dari semua fitur ini salah satu fitur paling menarik yang belum disebutkan tentu saja pahatan manusia dengan gaya pahat candi di jaman kerajaan Majapahit. Candi Jawar Malang bisa dikatakan sebagai salah satu peninggalan bersejarah yang cukup penting dan juga masih digunakan oleh umat hindu di sekitar untuk acara religius serta untuk objek wisata yang menarik dan memiliki nilai kebudayaan dan sejarah yang tinggi.