LINGKARMALANG – Mungkin banyak dari anda yang masih belum mengenal akan Candi Songgoriti Malang. Candi ini memang tidak seterkenal candi-candi lainnya namun, Candi ini tetap dilihat sebagai bagian sejarah penting dari Malang. Tidak hanya itu, Candi ini juga dilihat sebagai daya tarik dari wisata kota Malang.

candi songgoriti di malang

Candi ini sendiri terletak di dekat taman rekreasi Tirta Nirwana dan juga kolam pemandian air panas. Sayangnya, masih ada beberapa orang yang tidak tahu akan keberadaan dari tempat ini dan lebih banyak orang pergi ke tempat wisata lainnya yang ada disana. Karena itu, penting sekali bagi kita untu mengetahui tempat wisata ini mengingat, tempat ini tentunya menjadi bagian dari sejarah yang perlu dilestarikan.

Sekilas tentang Candi Songgoriti Malang

Mengenai Candi Songgoriti Malang, ada beberapa hal yang perlu dilihat dari candi tersebut. Candi ini sendiri diketemukan pada tahun 1799 M oleh Van I Isseldjik. Setelah itu, candi ini akhirnya harus direnovasi pada tahun 1849 oleh M dan Brumund. Renovasi candi ini sendiri dilakukan beberapa kali dan terakhir, candi ini direnovasi pada tahun 1921 M dimana, renovasi tersebut akhirnya berhasil membuat candi tersebut terlihat kokoh.

candi songgoriti di malang 1

Candi ini lebih dikenal akan sebutan Candi Supo dimana, candi ini merupakan peninggalan dari Mpu Sindok. Dimana, Mpu Sindok sendiri merupakan raja pertama dari kerajaan Medang. Candi ini dinamakan Supo karena, candi ini dibangun oleh Mpu Supo atas suruhan Mpu Sindok. Mpu Sipo yang sedang mencari tanah yang lapang akhirnya memilih Songgoriti sebagai tempat yang tepat.

Selain itu, ada pula cerita yang menceritakan bahwa kolam air panas yang ada sebelumnya merupakan sumber mata air yang dingin dan menyegarkan. Sumber mata air tersebut sering digunakan sebagai tempat untuk mencuci alat-alat pusaka seperti keris dengan kekuatan yang maha dahsyat. Karena itulah, kekuatan dahsyat yang terkandung dalam keris tersebut membuat air mata yang semula dingin berubah menjadi panas. Hal itu pulalah yang turut mewarnai cerita dari Candi Songgoriti Malang.