LINGKARMALANG – Candi Badut Malang merupakan salah satu candi yang terletak di kota Malang. Walaupun dikategorikan sebagai sebuah candi berukuran kecil, Candi Badut tentunya tetap menjadi sebuah bagian sejarah yang harus dijaga. Candi ini lebih tepatnya berada di desa Karang Besuki, kecamatan Sukun, kotamadya Malang.

candi badut di malang

Mengenai candi ini sendiri, banyak cerita menarik yang perlu anda ketahui mengenai candi ini. Anda tentunya sudah penasaran akan hal apa saja yang ada didalam sini. Karena itu, langsung saja kita simak yuk mengenai hal apa saja yang ada disini melalui penjelasan yang akan kami jelaskan dibawah ini.

Penjelasan lebih lanjut mengenai Candi Badut

Candi Badut Malang diketemukan oleh Maureen Brecher yang merupakan seorang kontrolir yang berasal dari Belanda dan bekerja di Malang. Sang kontrolis menemukan candi ini pada tahun 1921. Pada saat itu, candi ini masih berupa gundukan yang terbuat dari reruntuhan batu yang bercampur dengan tanah.

candi badut di malang 1

Merunut kondisi candi yang tidak berbentuk, pembangunan candi ini kembali dilakukan pada tahun 1925 yang memakan waktu 2 tahun hingga 1927. B. De Haan bertugas sebagai pengawas yang mengawasi proses pembangunan kembali dari candi tersebut. Hasilnya, candi tersebut kembali terlihat utuh namun, hanya bagian atap yang tidak dapat dibangun karena, tidak ada bagian atap yang diketemukan sehingga, bagian atap dari candi ini dibiarkan begitu saja.

Untuk umur dari candi ini sendiri diperkirakan sudah mencapai lebih dari 1000 tahun. Selain itu, pembangunan candi ini dilatarbelakangi oleh alasan untuk memuliakan Resi Agastya yang sangat dimulaikan oleh Raja Gajayana. Hal ini tercantum dalam prasasti Dinoyo yang sudah ada sejak tahun 760 Masehi.

candi badut di malang 2

Pada candi tersebut, diketemukan Lingga dan Yoni yang merupakan symbol dari  Siwa dan Parwati. Kendati kecil dan mungkin tidak sebesar candi lainnya, candi badut tetaplah menjadi sebuah bagian dari sejarah yang menarik untuk dipelajari dan setiap orang dapat belajar banyak sejarah dari Candi Badut Malang untuk banyak hal terutama dalam mengenal sejarah.