Akhir-akhir ini berbagai isu HAM yang dulu pernah di lenyapkan mulai mencuat kembali kepermukaan. Kalau kita bicara aktivis HAM kawakan mungkin fokus kita akan mengerucut ke sosok Munir. Akhir-akhir ini juga kasus yang menjadikan sang aktivis menjadi korban mencuat ke permukaan karna tuntutan dari para aktivis HAM Kontras untuk membeberkan hasil dari tim pencari fakta (TPF) yang dulu pernah di berikan ke pemerintah pada masa kepemimpinan presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Sumber Instagram (@izza_cholifatul)
Sumber Instagram (@izza_cholifatul)

Di latar belakangi berbagai isu HAM yang pernah merundung bangsa ini Museum HAM Omah Munir ini berdiri. Museum yang berdiri di rumah Istri dari almarhum Munir tersebut menyimpan koleksi barang-barang yang dimiliki oleh sang aktivis. Mulai dari pakaian, buku, dan berbagai alat yang mengimplementasikan kehidupan sang aktivis. Omah Munir berdiri di kota dimana tempat Munir tinggal yaitu di kota Batu. Tepatnya di Jl. Bukit Berbunga No.2 Sidomulyo Batu.

elok-afandi
Sumber Instagram (@elok.afandi)

Jika anda berasal dari luar kota sangat di rekomendasikan untuk mengunjungi museum tersebut. Selain isi dari museum yang dapat membuka mata anda tentang berbagai kasus HAM yang ada di negeri ini. Juga jarak museum HAM omah Munir yang sangat dekat dengan berbagai tempat wisata yang ada di Batu. Di museum ini tidak melulu memuat tentang Munir saja. Selain barang-barang yang dimiliki Munir di museum ini juga memuat tentang berbagai kasus HAM dari masa ke masa. Sebagian besar yang dimuat dan menjadi koleksi museum Omah Munir ini adalah kasus pelanggaran HAM yang di lakukan Negara terhadap individu ataupun kelompok tertentu, dan juga ada beberapa isu tentang berbagai partai politik.

Museum yang berdiri di tahun 2013 ini secara berkala mengadakan nonton bareng berbagai isu terbaru yang muncul di negreri ini. Selain nonton bareng museum ini juga mengadakan diskusi atas berbagai isu HAM tentunya. Hal tersebut dilakukan untuk mengenang pergerakan yang dilakukan oleh Munir Said Thalib. Jadi jika anda ingin mengikuti berbagai event yang dilakukan oleh museum ini anda bisa menghubungi contact center di 085959590137 atau dapat mengunjungi website omahmunir.com. Selain itu juga jika anda mencari merchandise yang anti mainstream dari kota wisata Batu bisa membeli di museum ini. Buah tangan berupa kaos bertema Omah Munir bisa anda di museum ini.